by

Jakpro Raih Sertifikasi ISO 19650 Building Information Modelling

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Perseroda menjadi project owner pertama di Asia Tenggara yang tersertifikasi ISO 19650 Building Information Modelling (BIM) pada part 1, 2 dan 3 dari Lembaga Sertifikasi ISO PT CBQA Global Indonesia.

Sertifikasi ISO 19650 1, 2, dan 3 diberikan karena Jakpro secara konsisten mengimplementasikan BIM pada proyek konstruksi dan pengelolaan aset.

VP Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo, Syachrial Syarif mengatakan, sertifikasi ini merupakan standar BIM internasional yang bertujuan mengonsolidasikan tata cara, fungsi, metode terhadap implementasi manajemen informasi dengan menggunakan BIM. Menurutnya, penghargaan ini merupakan salah satu apresiasi yang patut didapatkan oleh Jakpro.

Syachrial menjelaskan, sebagai project owner yang banyak mendapatkan penugasan proyek pembangunan dari Pemprov DKI Jakarta, Jakpro telah menerapkan BIM yang didukung oleh teknologi, sumber daya manusia dan proses yang sesuai standard ISO 19650 part 1, 2 dan 3 pada pelaksanaan proyek konstruksi dalam beberapa tahun terakhir.

“Seperti pembangunan mega struktur Jakarta International Stadium atau JIS dan revitalisasi Taman Ismail Marzuki TIM serta optimalisasi operasional aset-aset perusahaan,” ujar Syachrial, Kamis (12/1).

Untuk diketahui, CBQA Global adalah Lembaga Sertifikasi, Audit, dan Training terpercaya untuk perusahaan nasional maupun internasional. Sedangkan Building Information Modelling (BIM) adalah penggunaan model digital sebagai representasi dari aset yang dibangun untuk memfasilitasi proses desain, konstruksi dan proses operasi atau pemeliharaan sebagai informasi yang dapat diandalkan dalam pengambilan keputusan. BIM diterapkan sebagai satu kesatuan pelaksanaan engineering secara digital.

Jakpro memperoleh sertifikasi ISO 19650 Building Information Modelling (BIM) pada part 1, 2 dan 3 berdasarkan penilaian dan assessment yang dilakukan oleh badan sertifikasi internasional melalui dua sesi audit yang dilakukan di kantor pusat Jakpro yakni, proyek JIS dan revitalisasi TIM yang dilaksanakan pada tanggal 11-12 Oktober 2022 dan 7-9 Desember 2022.

Tim penilaian secara langsung menyaksikan proses dan kepatuhan implementasi BIM yang telah diterapkan Jakpro pada proyek konstruksi dan operasional aset sesuai standar ISO 19650.

Penyerahan sertifikat ISO 19650 :2018 diberikan secara simbolis pada acara Jakpro Town Hall Meeting dilangsungkan di Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (11/1). Direktur Utama Jakpro, Iwan Takwin menerima langsung penghargaan bergengsi ini yang menjadikan Perseroan sebagai project owner pertama di Asia Tenggara yang memperoleh sertifikat ini.

“Kami berharap sertifikasi ini dapat memberikan motivasi lebih kepada Jakpro untuk dapat secara konsisten berinovai dan bertransformasi digital menjadi BUMD yang semakin unggul,” tandas Syachrial.

210