by

Pj Gubernur DKI Tinjau Venue KTT Asean 2023 Di JCC

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan kunjungan lapangan bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, Retno Marsudi untuk melihat persiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN tahun 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Kamis (12/1).

Sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta turut hadir mendampingi Pj Gubernur Heru, di antaranya Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, Iwan Henry Wardhana, serta Plt Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik DKI Jakarta, Raides Aryanto.

Dalam kunjungan tersebut, Pj Gubernur Heru bersama Menlu Retno berbincang-bincang membahas kesiapan ruangan di gedung JCC yang akan digunakan untuk KTT ASEAN tahun 2023.

Keduanya meninjau sejumlah ruangan yang berada di JCC, seperti Balai Pertemuan (Assembly Hall), Ruang Sidang (Plenary Hall), Ruang Cendrawasih, Ruang Pameran (Exhibition Hall), hingga ke kawasan parkiran.

Pj Gubernur Heru mengatakan, ia bersama Menlu Retno meninjau beberapa fasilitas yang akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan pertemuan para pemimpin negara-negara di kawasan ASEAN tersebut.

“Indonesia sebagai tuan rumah, khususnya Pemprov DKI Jakarta, karena venue KTT ASEAN tahun 2023 ada di Kota Jakarta, tentunya ingin memberikan pelayanan yang terbaik. Kita ingin menampilkan yang terbaik. Menyusul suksesnya KTT G20 di Bali pada tahun 2022,” kata Pj Gubernur Heru seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta.

Berdasarkan tinjauan tersebut, Pj Gubernur Heru melihat gedung JCC ini meski sudah siap untuk dijadikan venue KTT ASEAN tahun 2023, tetap harus dipersiapkan lebih baik lagi. Apalagi, JCC sudah terbiasa menjadi tempat penyelenggaraan berbagai event skala nasional maupun internasional.

“Kita akan persiapkan lebih baik lagi untuk venue-venue yang akan digunakan dalam penyelenggaraan KTT ASEAN 2023. Karena, sukses Jakarta untuk Indonesia,” tegas Pj Gubernur Heru.

Dalam KTT ASEAN di Kamboja pada 13 November 2022, Indonesia mendapatkan mandat untuk memegang Keketuaan (Chairmanship) ASEAN 2023.

Melaksanakan mandat tersebut, Indonesia mengusung tema ‘ASEAN Matters: Epicentrum of Growth’ yang sekaligus juga meresonansi keberhasilan Presidensi G20 pada tahun 2022 lalu di Provinsi Bali.

210