Kapolri Minta Maaf Ke Masyarakat Atas Penutupan Jalan Demi Keamanan KTT ASEAN Di Jakarta

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menyatakan permohonan maaf terkait penutupan beberapa ruas jalan yang dilakukan dalam rangka menjaga standar pengamanan kepala negara yang berkunjung.

“Kami harus melakukan rekayasa dan melakukan beberapa penutupan ruas jalan karena ini memang bagian dari standar pengamanan khususnya high level atau para kepala negara yang harus kita amankan,” kata Kapolri pers seusai peninjauan di gedung Berdikari, Jakarta Pusat, Kamis (7/9/2023).

Kapolri menjelaskan bahwa tindakan penutupan ruas jalan tersebut merupakan bagian dari protokol keamanan khusus yang harus dipatuhi saat para kepala negara berkunjung ke Indonesia.

Meskipun rekayasa lalu lintas tersebut mengakibatkan penumpukan di beberapa jalan alternatif, Kapolri mengucapkan terima kasih atas dukungan masyarakat dalam menjaga keamanan dan keselamatan para tamu negara.

“Sehingga kita melakukan rekayasa lalin yang tentu mengakibatkan beberapa ruas di jalur alternatif mengalami penumpukan, namun demikian terima kasih atas dukungan masyarakat sehingga seluruh kegiatan bisa berjalan walaupun mungkin ada ketidaknyamanan dari masyarakat pengguna jalan namun semuanya bisa diterima,” ujar Kapolri.

Sementara Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan pengamanan udara, laut dan darat dikendalikan dengan baik. Pengamanan dilakukan mulai dari rangkaian kegiatan awal hingga delegasi kembali ke negara masing-masing.

“Jadi Alhamdulillah sampai saat ini, mulai siang sampai siang ini kita dapat mengendalikan semua kegiatan pengamanan, untuk hal PAM di KTT ke-43 ASEAN ini dengan lancar,” kata Panglima.

210