Anggaran Event Festival Bunga & Buah 2024 Bersumber Dari APBD T.A 2024

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Tahun ini Festival Bunga dan Buah, yang menjadi salah satu dari 100 Event di Indonesia dan satu dari 32 event di Sumatera, kembali dilaksanakan. Tahun ini, festival tersebut menjadi salah satu dari 4 (empat) acara di Sumatera Utara yang masuk kedalam Kalender Karisma Event Nusantara 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

Acara yang akan diadakan dari tanggal 04 hingga 06 Juli 2024, di Taman Mejuah-Juah Berastagi, Kabupaten Karo, menawarkan serangkaian kegiatan yang memukau bagi pengunjung. Mulai dari Karnaval Mobil Hias, Lomba Fashion Show, membuat Landmark (Icon/Penanda_red), Tari Kreasi, Pawai Kontingen, Merangkai Bunga, Pameran UMKM, dan hiburan rakyat.

Panggung utama Festival Bunga dan Buah akan menampilkan desain yang segar dengan konsep pegunungan yang dipercantik dengan ambience light (suasana pencahayaan _red). Keunikan lainnya adalah penambahan dua pohon Jeruk dengan buahnya sebagai bagian dari dekorasi panggung, yang menambah kesegaran dan keaslian suasana.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Kadisbudporapar), Munarta Ginting, SP, perubahan terbaru untuk tahun 2024 termasuk penyediaan tempat makan buah gratis yang mengikuti desain “Raga” Karo dengan menyediakan 1 ton buah selama 3 (tiga) hari Festival.

Rapat persiapan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Karo, Selasa (21/05.2024) dihadiri oleh Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, didampingi oleh perwakilan Forkopimda Kabupaten Karo.

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, dalam rapat persiapan tersebut, memberikan himbauan dan harapannya terkait Festival Bunga dan Buah 2024.

“Acara ini tidak hanya menjadi ajang untuk memamerkan potensi Pariwisata dan Budaya Kabupaten Karo, tetapi juga menjadi momentum untuk meningkatkan ekonomi masyarakat setempat melalui promosi produk lokal dan peluang usaha,” kata Bupati Karo tersebut.

Bupati juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut mendukung dan ikut serta dalam mensukseskan acara ini, dan berpesan kepada seluruh pihak yang terlibat untuk mempersiapkan secara matang Festival ini sehingga dapat menjadi contoh bagi daerah lain.

Saat dikonfirmasi Kadisbudporapar Kabupaten Karo, Munarta Ginting terkait Anggaran yang digelontorkan untuk event skala Nasional ini, Kadis menyampaikan bahwa anggaran event tersebut, boleh dikatakan masih jauh dari cukup, namun itu kita upayakan semaksimal mungkin. Pastinya Anggaran kegiatan ini diambil atau bersumber dari APBD TA 2024, sebesar +/- 600 juta rupiah, dan kekurangannya tentu kita akan minta dukungan dari pihak sponsor plus partisipasi dari pihak Swasta,” terang Kadis ini.

Diketahui bahwa rapat persiapan tersebut turut dihadiri Kepala Perangkat Daerah/OPD di lingkungan Pemkab Karo, para Camat, dan undangan lainnya menandai komitmen dan dukungan kuat terhadap kesuksesan acara ini.

(David)