by

Rekapitulasi Pemilihan Putra Putri Pesona Minahasa 2018

Tondano OLNewsindonesia – Sabtu (23/6)

Pemenang Putra Putri Pesona Minahasa 2018 telah diumumkan dan event telah selesai diselenggarakan di Amphitheater Benteng Moraya Jumat (22/6). Berikut ringkasan / rekapitulasi dari OLNewsindonesia, Event yang dipersembahkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa.

Sambutan Kadis Budpar Kab.Minahasa Agustifo Tumundo SE MSi
Sambutan Kadis Budpar Kab.Minahasa Agustifo Tumundo SE MSi

Semakin malam ratusan pengunjung yang datang makin memadati lokasi acara untuk menyaksikan kegiatan yang oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Minahasa dilaksanakan setiap tahun, dimana tahun ini sebagai bagian dari Festival Kebudayaan Minahasa 2018 juga ditampilkan pegelaran seni & kebudayaan Minahasa dan malam itu diakhiri dengan pemilihan Putera Puteri Pesona 2018.

Kabid Kebudayaan selaku Ketua Panitia Melisa Rondonuwu SP menyerahkan trophy kepada Wakil I Prylisa Wowor
Kabid Kebudayaan selaku Ketua Panitia Melisa Rondonuwu SP menyerahkan trophy kepada Wakil I Prylisa Wowor

Acara diawali dengan Tarian Kabasaran dari Tondano, dilanjutkan Tarian Maengket, Fashion Show dan Tarian Pisok oleh Tim Kesenian Ikatan Waraney Wulan Minahasa (IWWM). Kemudian penampilan Kolintang Makaaruyen Rua Tondano membawakan beberapa lagu daerah. Hadir juga Para Pemenang Putra Putri Pesona Minahasa 2017 dan mempersembahkan Fashion Show.

Bahagianya orang tua
Bahagianya orang tua

Para Finalis Putera Puteri Minahasa 2018 selanjutnya tampil bersama sehingga membuat ramai para pendukung bersorak. Apalagi disaat masing-masing Finalis memperkenalkan nama dan utusan, hal ini membuat masing-masing suporter makin keras bersuara memberi dukungan. Pantauan Online News Indonesia bahwa peserta terbanyak utusan dari SMA Negeri 3 Tondano.

Pemenang Putera Puteri Pesona Minahasa 2018 bersama Kadis, Sekdis dan Dewan juri serta pemegang gelar 2017
Pemenang Putera Puteri Pesona Minahasa 2018 bersama Kadis, Sekdis dan Dewan juri serta pemegang gelar 2017

Dewan Juri terdiri dari Prof. Dr. Ir. Winda Mercedes Mingkid, merupakan Akademisi Unsrat yang juga Noni Sulut 1990 dan Puteri Ayu Indonesia 1992, kemudian Gladys Runtukahu SE,  Direktur Operasional salah satu media massa di Manado dan Meksi Sahensolar S.Pi yang dalam kesehariannya merupakan Staf Khusus Bupati Minahasa Bidang Pariwisata.

Seluruh pemenang foto bersama Kadis
Seluruh pemenang foto bersama Kadis

Akhirnya Dewan Juri mengumumkan 10 besar finalis terdiri dari 5 Putera dan 5 Puteri, yang kemudian diuji secara langsung melalui pertanyaan dari dewan juri yang Finalis pilih lewat undian saat itu.

Penentuan Pemenang Puteri Pesona Minahasa 2018, Prylisa (kiri) dan Zefanya (kanan)
Penentuan Pemenang Puteri Pesona Minahasa 2018, Prylisa (kiri) dan Zefanya (kanan)

Tampak Finalis tegang sehingga beberapa diantaranya gugup dan sulit konsentrasi dalam memberi jawaban. Kemudian dipilihlah 3 besar Putera dan 3 besar Puteri yang berhak mendapatkan predikat masing-masing pemenang utama, Wakil I dan Wakil II.

Dua utusan SMP Negeri I Tompaso, Prylisa Wowor dan Syalomitha Koagow bersama orang tua dan keluarga
Dua utusan SMP Negeri I Tompaso, Prylisa Wowor dan Syalomitha Koagow bersama orang tua dan keluarga

Waktu yang makin larut akhirnya tidak lagi dirasakan para penonton yang terdiri dari keluarga, teman ataupun pengunjung karena semua tegang ingin mendengarkan penyampaian dewan juri siapa yang jadi pemenang.

Persaingan ketat akhirnya menghasilkan Joshua Kereh utusan SMA Negeri 3 Tondano dan Shevanya Lintuuran utusan PELSIS Minahasa berhasil merebut gelar Putera dan Puteri Pesona Minahasa 2018. Joshua menerima topi adat dari Putera Pesona Minahasa 2017 Daniel Santra dan Trophy Bupati Minahasa.

Sedangkan Zefanya mendapat mahkota dari Puteri Pesona Minahasa 2017 Katja Paath dan Trophy Ketua TP PKK Kab. Minahasa. Mereka berdua juga mendapat uang tunai masing-masing Rp 3.000.000, dan Voucher menginap Gratis di Hotel Mercure Tateli Beach Resort.

Sebelumnya Dewan Juri sudah menyebutkan Pemenang Wakil II, sehingga hal menarik sempat terlihat yaitu ketegangan antara dua Kontestan Putra dan dua Putri yang tersisa memperebutkan pemenang utama. Khususnya Puteri yaitu Zefanya dan Prylisa mereka saling berhadapan dan berpegangan kedua tangan, menunggu mahkota yang akhirnya disematkan di kepala Zefanya. Selempang Wakil I Puteri Minahasa 2018 akhirnya diberikan kepada Prylisa Wowor.

Pada pemilihan ini Prylisa membuat kejutan walaupun bukan Pemenang Pertama, namun sebagai Pemenang Kedua atau Wakil I mampu menunjukkan kualitas terbaik diantara 22 Finalis Puteri yang banyak lebih senior darinya dan telah duduk dibangku SMA, bahkan ketika bersaing dalam 5 besar dengan sangat lugas menjawab pertanyaan Dewan Juri tanpa gugup sehingga bisa maksimal menggunakan seluruh 30 detik waktu yang diberikan.

Prylisa Felia Ledrisza Wowor adalah salah satu Finalis termuda karena baru berulang tahun ke 15 pada 10 juni, juga baru tamat tahun ini dari SMP Negeri I Tompaso, peraih Peringkat Pertama dan memperoleh nilai terbaik mata pelajaran bahasa Inggris Tingkat Kabupaten Minahasa. SMP Negeri I Tompaso mengirimkan dua wakilnya, dan keduanya menjadi Finalis yaitu Prylisa Wowor dan Syalomitha Mutiara Shania Koagow.

Dewan juri juga menetapkan Misael Tampi utusan Karang Taruna Kecamatan Eris sebagai Wakil I Putera yang berhak atas Trophy Sekda Kab. Minahasa. Sedangkan Wakil I Puteri mendapat Trophy dari Ketua Dharma Wanita Pemerintah Kab. Minahasa. Masing-masing juga mendapatkan uang tunai Rp.2.000.000,-

Wakil II diberikan kepada Jordan Koho utusan OSIS SMA Negeri 3 Tondano untuk Putera. Puteri diberikan kepada Melvy Lintang utusan Karang Taruna Kecamatan Eris.Mereka berdua berhak atas hadiah Trophy Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa dan Uang Tunai masing-masing Rp 1.000.000,-

Gelar Putera dan Puteri Favorit diberikan kepada Imanuel Brian Tendean utusan Remaja GMAHK Jemaat Wulauan Tondano dan Natalia Rengkuan utusan SMA Negeri 3 Tondano. Keduanya berhak atas Trophy Kadis Budpar Minahasa dan Tiket Pesawat Manado-Bali (PP).

Sedangkan gelar Putera Puteri Intelegensia diberikan kepada Eukharistio Yululano utusan PELSIS Minahasa dan Anastasya Kaloh utusan SMA Negeri 3 Tondano. Gelar Putera Puteri Persahabatan diberikan kepada Billy Tendean utusan Remaja GMIM Eben Haezar Masarang dan Crivilia Dien utusan Remaja GMIM Tumou Tou Kendis. Semuanya berhak atas Trophy Kadis Budpar Minahasa.

Panitia juga memberikan dua gelar tambahan yaitu Peserta Fotogenik Terbaik diraih oleh Julio Tuju utusan SMA Yadika Langowan dan Tasya Najoan utusan SMK Negeri 1 Tombulu yang meraih hadiah Voucher Hotel dari Koran Sindo Manado.

Dan Peserta Penulis Berita Terbaik diraih oleh Johny Rantung utusan SMK Negeri 1 Tondano dan Cassy Lumi utusan SMA Negeri 3 Tondano yang mendapatkan Voucher Khusus dari Harian Manado Post.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi mengatakan ajang ini berbeda dengan Pemilihan Waraney dan Wulan Minahasa yang memiliki kategori usia pemuda yaitu 17-24 tahun. Sedangkan Putera Puteri Pesona Minahasa kategori usia remaja yaitu 14-17 tahun.

Beliau memberikan apresiasi kepada 36 Finalis yang telah tampil baik dalam semua tahapan Pemilihan Putera Puteri Pesona Minahasa 2018 ini dan menyampaikan terima kasih kepada semua elemen seni dan budaya Minahasa yang telah tampil memukau dalam Festival Kebudayaan Minahasa tahun 2018 ini.

“Kita bersyukur acara berlangsung ditengah cuaca malam sangat baik, walaupun di pagi hari sempat hujan. Harapan kami, melalui kegiatan Festival Kebudayaan Minahasa ini, akan turut melestarikan seni dan budaya Minahasa sebagai bagian dari Kebudayaan Minahasa. Serta generasi muda dapat mengembangkan bakatnya dan acara ini juga memberikan hiburan bagi warga Minahasa,” kata Tumundo.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala Bidang Kebudayaan Disbudpar Kab.Minahasa Melisa Rondonuwu SP selaku Ketua Panitia kepada semua pihak yang sudah mengutus peserta, juga para sponsor yang telah memberi sumbangsih besar untuk suksesnya kegiatan ini.

AWK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.