by

Kapolda Sulut Tinjau Langsung Pilkada Minahasa & Mitra

Berita Minahasa OLNewsindonesia – Rabu (27/6)

Pesta demokrasi dimulai hari ini rabu (2/6), untuk Provinsi Sulawesi Utara ada beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada. Sementara itu Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. Bambang Waskito melakukan peninjauan langsung di Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Tenggara.

Didepan Kantor KPU Kab. Minahasa Tenggara, Kapolda memberi keterangan Pers didampingi Ketua KPU, Bawaslu, aparat TNI dan lainnya
Didepan Kantor KPU Kab. Minahasa Tenggara, Kapolda memberi keterangan Pers didampingi Ketua KPU, Bawaslu, aparat TNI dan lainnya

Dari pantauan Online News Indonesia di Kecamatan Langowan, Tompaso dan Kawangkoan, masyarakat mulai berdatangan sejak pagi ke TPS untuk menggunakan haknya melalui mencoblos pada kertas suara yang disediakan. Masyarakat diberikan waktu yang cukup dari pukul 08.00 hingga pukul 13.00 wita.

Suasana pemilihan salah satu TPS
Suasana pemilihan salah satu TPS

Data yang diperoleh Online News Indonesia bahwa Kawangkoan terdiri dari 3 kecamatan yaitu :

– Kec. Kawangkoan terdapat 4 desa & 6 kelurahan, 17 TPS dan pemilih 7.639
– Kec. Kawangkoan Barat terdapat 10 desa, 15 TPS dan pemilih sekitar 6.500
– Kec. Kawangkoan Utara terdapat 4 desa & 6 kelurahan, 14 TPS dan pemilih 6.388

Sedangkan Tompaso terdiri dari dua kecamatan yaitu :

– Kec. Tompaso terdapat, 10 desa, 12 TPS dan pemilih 5.524
– Kec. Tompaso Barat terdapat, 10 desa, 12 TPS dan pemilih 6.699

Langowan terdiri atas 4 kecamatan yaitu :

– Langowan Utara terdapat 8 desa, 12 TPS dan pemilih 6.680
– Langowan Timur terdapat 8 desa, 21 TPS dan pemilih 10.129
– Langowan Selatan terdapat 10 desa, 14 TPS dan pemilih 6.147
– Langowan Barat terdapat 16 desa, 25 TPS dan pemilih 12.844

Online News Indonesia siang itu dalam pemantauan di Tompaso, melihat Kapolda meninjau langsung TPS di desa Tompaso II Kec. Tompaso Barat dan berbincang-bincang dengan penyelenggara di TPS tersebut.

Tampak masyarakat berkumpul di luar TPS menunggu giliran
Tampak masyarakat berkumpul di luar TPS menunggu giliran

Sedangkan peninjauan Kapolda di Kab.Mitra khususnya di KPU Kab.Mitra beliau berkesempatan berdiskusi dengan Ketua KPU dan Bawaslu. Diakhir kunjungan Kapolda menyampaikan keterangan pers di depan kantor KPU Kab.Mitra.

Kantor Camat Langowan Timur
Kantor Camat Langowan Timur

Kapolda menghimbau agar warga Sulut dapat menjaga ketenangan setelah selesai memilih. “Kita harus bersabar menunggu hasil hitungan real dan saling menghormati sesama,” kata Kapolda Sulut.

Menurut beliau laporan yang masuk kepadanya dari Sitaro, Talaud, Kotamobagu dan Minahasa semua proses pencoblosan dalam Pilkada ini berjalan dengan lancar.

Lanjut Kapolda, “Sebaiknya ungkapan kegembiraan masyarakat, kiranya melalui Pimpinan Partai dan tim suksesnya dihimbau untuk dilakukan di rumah ibadah lebih baik dari pada berkonvoi. Karena itu menunjukkan kedewasaan berdemokrasi,” kata Kapolda Sulut Irjen. Pol. Drs. Bambang Waskito.

AWK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.