by

Polri Prediksi 123 Juta Orang Akan Mudik Lebaran Tahun 2023

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Polri memprediksi arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 2023 mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan berdasarkan data dari Kemenhub, diprediksi ada 123,8 juta orang yang akan melaksanakan mudik lebaran di tahun 2023 ini.

“Dan hal tersebut bila dibandingkan tahun 2022 meningkat 14,2 persen,” kata Dedi saat dialog publik dengan tema ‘Keterjangkauan Pangan, Kesiapan Sarana dan Prasarana Transportasi Publik Jelang mudik Lebaran 2023‘ di Hotel Grand Kemang, Selasa (28/3/2023).

Sejumlah larangan terkait COVID-19 yang telah dicabut, menjadi faktor yang sangat mempengaruhi jumlah pemudik.

Di mana pada lebaran 2022 lalu, hanya ada 85,5 juta orang yang tercatat melaksanakan mudik lebaran.

“Pertama, adalah pencabutan status PPKM. Di akhir tahun 2022 bapak presiden sudah secara resmi pencabutan PPKM di wilayah Indonesia. Kedua, memasuki pra endemi atau mendekati normal pasca pandemi COVID-19,” jelas dia.

“Ketiga perekonomian juga alhamdullilah semakin membaik. Keempat tidak adanya pembatasan atau larangan perjalanan serta peningkatan persepsi positif dari masyarakat atas penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun 2022 lalu,” sambungnya.

Dedi memastikan, pihaknya kini tengah mematangkan sejumlah persiapan guna mengawal masyarakat yang akan melaksanakan mudik lebaran tahun ini.

“Sejumlah persiapan dilakukan pemerintah dalam rangka memenuhi kenyamanan dan keamanan layanan masyarakat yang berkaitan dengan persiapan sarana prasarana transportasi publik maupun ketersediaan distribusi pangan,” pungkasnya.

210