by

Peduli Korban Sinabung,DPD PMS Karo Berikan Bantuan Bibit Pertanian Tanah Karo

Tanah Karo – OLNewsindonesia. Letusan abu vulkanik Gunung Sinabung yang cukup dahsyat dan sempat membuat warga menjadi ketakutan yang terjadi beberapa hari kemarin, berdampak langsung kepada sektor pertanian. Beberapa Kecamatan disekitar mengalami kerusakan sehingga petani mengalami kerugian cukup besar.

Sektor Pertanian di beberapa Kecamatan yang berada di sekitar Gunung Sinabung, mengalami kerusakan akibat meletusnya gunung tersebut. Diperkirakan puluhan hektar tanaman milik Petani Lokal di Kecamatan Payung, Tiganderket, Naman Teran, Simpang Empat rusak. Dan membuat perekonomian warga semakin merosot dan memprihatinkan .

Melihat situasi yang dialami warga di beberapa Kecamatan terkait letusan tersebut ,DPD Pemuda Merga Silima (PMS) Kabupaten Karo,Jumat (23/2) sekitar pkl 12:00 WIB mengunjungi beberapa desa, sambil meninjau lahan pertanian milik warga yang terkena erupsi langsung Gunung Sinabung. Selain itu PMS juga menyerahkan bantuan berupa benih atau pun bibit  cabe,tomat kepada warga Desa Kecamatan Payung,Tiganderket Desa Perbaji,Sukatendel,Kecamatan Kutabuluh Desa Bintang Meriah.

Dipertemuan itu, masing-masing  Kepala Desa langsung mengarahkan rombongan bertemu dengan para petani. Sambil berbincang, warga mengeluhkan apa yang dialaminya saat ini. Bahkan sepertinya mereka putus asa.

Menurut Keterangan Ketua DPD Pemuda Merga Silima Kabupaten Karo, Beres Sembiring Berahmana didampingi Sekertaris Ir Jesaya Sinulingga dan Bendahara Rode Sembiring Meliala mengatakan,bahwa kunjungan tersebut  dilakukan karena adanya kepedulian terhadap saudara-saudara yang mengalami bencana Sinabung.

Sebagai salah satu bentuk tali kasih , juga diserahkan bibit tanaman berupa bibit cabe,tomat agar ditanam kembali. Sebab rombongan menyaksikan langsung, tanaman petani menjadi rusak. Sangat tipis harapan untuk tumbuh kembali “Kita berikan bibit sayuran itu sebagai penggantinya “Ujar Beres Sembiring Berahmana.

Sementara itu Jesaya Sinulingga mengungkapkan, pihak DPD PMS Kabupaten Karo tidak hanya menyerahkan bantuan ini ke satu Kecamatan saja ,tetapi selanjutnya juga akan menyerahkan ke Kecamatan Simpang Empat dan Kecamatan Naman Teran. “Kita sangat peduli atas bencana yang dialami oleh warga ,walau pun bantuan diberikan masih sebatas bibit pertanian ,tetapi kita peduli sesama “Ujar Jesaya Sinulingga.

Masih menurut Jesaya, sewaktu diserahkan bibit pertanian itu. Warga juga meminta agar diserahkan bibit sayur pait ,sawi,kol karena mereka bercocok tanam berbagai macam sayuran. Jesaya Sinulingga juga memberikan kalimat penghiburan kepada para petani, agar semangat hidup terus dipacu dan jangan patah arang.

“Kiranya Pemkab Karo juga dapat bersinergi dan  peduli terhadap warga petani. Sebab sektor perekonomian Tanah Karo bersumber dari petani” Ujarnya.

Pada kunjungan itu, rombongan hadir bersama Ketua harian DPD PMS Kabupaten Karo,Danannta Barus,Penasehat Maslan Sukatendel Wakil Sekertaris Deris Kaban,wakil ketua ,Adil Ginting Seragih dan Aprianta Sembiring Pandia,Edi Ginting dan anggota lainnya  secara langsung kelahan tanaman warga tersebut.

Atas adanya kunjungan tersebut Ketua DPP Pemuda Merga Silima ,Mbelin Sembiring Berahmana dan  Ketua Harian Alex Perkasa Sitepu sangat mendukung adanya kegiatan ini,juga dimintanya agar kita peduli sesama dan berikan bantuan yang diharapkan oleh yang membutuhkan.

(david/olnewsindonesia.com)

.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.