by

Wakil Bupati Karo Dan Ketua DPP PMS Hadiri Pelantikan PMS Karo Di Pendopo Bupati

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Pemuda Merga Silima (PMS) Indonesia resmi melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah – Pemuda Merga Silima (DPD -PMS) Kabupaten Karo Periode 2022 -2027 di Aula/Pendopo Rumah Dinas Bupati Karo jalan Veteran Kabanjahe, Sabtu (23/07.2022) sekira pukul 14.30 WIB yang di hadiri langsung oleh Ketua Umum DPP PMS Indonesia, Mbelin Brahmana, DPD PMS Deli Serdang, DPD PMS Tebing Tinggi, DPD PMS Kabupaten Dairi, DPD PMS Langkat dan Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting turut juga hadir.

Disaat laporan Ketua Panitia, Roy Belanta SH.MH sampaikan bahwa dasar pelaksanaan pelantikan ini sesuai dengan petunjuk AD/ART PMS Indonesia dan peraturan organisasi dan hasil musyarawah daerah Pertama DPD PMS Kabupaten Karo pada tanggal 25 Maret 2022 dan sesuai SK DPD PMS Kabupaten Karo periode 2022-2027 serta hasil rapat DPD Karo tentang pembentukan panitia pelantikan DPD PMS Kabupaten Karo tanggal 04 Juni 2022.

“Pertama kami atas nama Panitia mengucapakan terimakasih kepada seluruh tamu undangan atas kesediaan nya menghadiri acara ini, dan kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah memberikan dukungan baik dukungan Moril maupun Materi sehingga kegiatan pelantikan pengurus DPD PMS Kabupaten Karo Periode 2022 -2027 dapat kita laksanakan pada saai ini,” ungkapnya.

Lanjutnya lagi,” menyadari segala kekurangan dari Panitia dalam pelaksanaan pelantikan yang terkesan sangat sederhana ini, atas nama Panitia kami memohon maaf, dan secara pribadi juga saya mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD PMS yang sesaat lagi dilantik, semoga amanah dan nantinya dalam membawa organisasi menjadi baik serta serta menuai banyak prestasi tentunya,” katanya.

Sementara itu, Ketua terpilih Beres S. Brahmana dalam sambutannya menyampaikan,” Saya secara pribadi mengucapakan kepada seluruh pengurus DPD PMS Kabupaten Karo terimakasih atas kepercayaannya kepada Saya untuk memimpin PMS Kabupaten Karo ini, dan kepada semua Bapak – Ibu yang telah dilantik Saya ucapkan Selamat dan bersama sama dapat membesarkan PMS semakin sukses dimasa mendatang,” ungkapnya.

“Bapak – Ibu hadirin sekalian, PMS hadir dan ada di tengah tengah kita, untuk mempersatukan kita Kalak Karo di seluruh Indonesia dan Dunia, dimana semboyan kita adalah : Satu Tubuh yaitu PMS, Satu Roh yaitu Budaya Kita Budaya Karo, dan Satu Tujuan yaitu Karo Bersatu. Artinya PMS tempat kita arih arih, PMS tempat kita si ajar ajaren muat simehuli, alu bage ersada arihta Karo Bersatu untuk mewujudkan tujuan bersama,” ujarnya sembari sebut, ‘Karo….Karo….Karo…!

Ditambahkan Beres Brahmana ini bahwa, PMS hadir bukan untuk bersaing dengan Ormas yang sudah ada, tetapi untuk bersama-sama bersinergi dalam memajukan Bangsa dan Negara terutama kita sebagai ‘Kalak Karo’, dan terlebih kepada pengurus yang dilantik agar segera bekerja memajukan Karo Bersatu dengan mengutamakan kepentingan bersama. Dan PMS diharapakan menjadi mitra pemerintah dan garda terdepan dalam mewujudkan pembangunan, memfasilitasi masyarakat untuk ikut serta dalam pembangunan tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten bahkan di Sumatera Utara dan Indonesia,” tegasnya.

Bupati Karo, Cory Br Sebayang sampaikan sambutannya yang di bacakan oleh Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting mengucapkan selamat kepada Pengurus DPD PMS yang dilantik semoga amanah dan menjaga nama baik PMS Karo serta turut serta bersinergis dalam pembangunan Kabupaten Karo,” ujar Wakil Bupati Karo Theopilus Ginting ini.

Sementara itu, Ketua Umum Pusat PMS Indonesia
dalam sambutannya menyampaikan sejarah dibentuknya PMS di Indonesia bahwa cikal bakalnya di dasari oleh sering adanya sesama Pemuda Karo kala itu suka bertikai, dari situ lah di bentuk nya PMS agar kebersamaan dan kesatuan Suku Karo. “Jadi jaga marwah Suku Karo dalam bingkai Pemuda Marga Silima ini, dengan tetap menjunjung tinggi yang mana sebutan yel yel nya kita saat ini adalah Karo Berbudaya Karo Jaya,” ungkapnya.

“Pakaiken lah kini ulin ras tadingken si la mehuli (pakaikanlah yang baik dan tinggalkan yang buruk _Red) dan yang jadi penyakit kita salah satu adalah keirian atau kebencian ini yang di buang jauh, jadi kepada ketua-ketua DPD, DPC dan Ranting, tidak salah saya selaku Ketua Umum tetap mengikuti instruksi saya, iya begitu lah kita Kader ini saling mengikuti hingga ke Ranting Ranting. Yang benar sampaikan yang benar, yang salah bilanglah salah,” tegasnya.

Lanjutnya lagi,” Saya berharap kepada kepengurusan yang baru dilantik agar tetap bekerja sama dan pandai pandai lah membuat pendekatan, jangan secara premanisme dalam melakukan pendekatan secara kekeluargaan, karena kedepan kita akan buat pertemuan lintas etnis dan budaya agar PMS di cintai semua masyarakat, maka lakukan dengan musyawarah,” ungkapnya penuh harap.

Pantauan awak media di lokasi diketahui bahwa Pengurus DPD yang telah dan sah dilantik oleh Ketua Umum DPP PMS Mbelin Brahmana, sebagai Ketua DPD PMS Kabupaten Karo adalah Beres. S Brahmana, Sekretaris Roy. B.S Milala. SH.MH dan Bendahara Karmila Br Kaban. S,Sos. MSi serta seluruh jajarannya tersebut berjalan lancar dan sukses yang di iringi hiburan organ tunggal.

Adapun yang turut hadir dalam pelantikan ini, selain Forkopimda Karo, diantaranya : Ketua DPRD Karo (mewakili) Dandim 0205/TK (mewakili), DPP. LAKONTA, Organisasi Kepemudaan diantaranya : PPM, Ikatan Pemuda Karya (IPK) Karo, Pemuda Pancasila (PP), HIMNI Kabupaten Karo, Pujakesuma Kab. Karo, Pihak Moderamen GBKP, MUI Kab.Karo, KONI, dan KNPI, serta tokoh masyarakat (Topan Agung Ginting, Gelora Fajar Purba) serta tamu undangan lainnya.

(David)