by

Pemerintah Provinsi Banten Gelar Seminar Usulan Pahlawan Nasional

Berita Pandeglang.OLNewsindonesia,Kamis(19/12)

Dalam rangka memperingati Hari
Pahlawan,Pemprov Banten gelar acara Seminar  pengusulan gelar Pahlawan Nasional kepada K. H. Mas AbdurrahmanBin Kiai Mas Jamal

Seminar yang di gelar  Pendopo Gubernur Provinsi Banten serang. Rabu (18/12/2019) dibuka oleh Asda Provinsi Banten H. Samsir, S.H.M.Si yang mewakili Gubernur Banten Dan  Pengurus wilayah MA.

H.Samsir selaku Perwakilan Gubernur Banten dalam sambutannya mengatakan bahwa seminar usulan Pahlawan Nasional untuk K. H. Mas Abdurrahman merupakan bentuk penghargaan atas Jasa beliau yang turut berjuang  di masa penjajahan serta pejuang pendidikan pula di Banten  dan sangat berkontribusi dalam membangun peradaban.

Sebagai Generasi muda, Kita  jasa patut meneladani sikap dan sifat pahlawan karena tanpa mereka kita tidak bisa hidup damai seperti sekarang,” ujarnya

Sementara itu Ketua PB Mathlaul Anwar KH Sadeli Karim mengatakan, usulan pahlawan nasional terhadap KH Mas Abdurachman tersebut sebagai tindaklanjut dari rekomendasi Rakernas Mathla’ul Anwar 2019 itu, kemudian Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) menyelenggarakan Seminar Usulan Pahlawan Nasional bagi KH Mas Abdurrahman pada 28 November 2019 atas kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang, bertempat di Pendopo Kabupaten Pandeglang.

“Kita juga sudah menyelenggarakan seminar di Jakarta, Kalimantan Barat dan hari ini di Banten. Nanti kita juga akan selenggarakan di Jawa Barat,” kata KH Sadeli Karim.ucapnya (sadeli karim)

sadeli karim menambahkan, KH Mas Abdurachman adalah tokoh pendiri Math’laul Anwar yang juga banyak ormas-ormas islam lainnya yang pada awalnya berinduk ke Mathla’ul Anwar. Sehingga dengan usulan pahlawan nasional ini bukan hanya merupakan kebanggan bagi warga Mathla’ul Anwar, akan tetapi kebanggan masyarkat Banten dan Indonesia pada umumnya.

seminar Usulan Calon Pahlawan Nasionall di daerah pengusul itu sendiri adalah salah satu prasyarat yang ditentukan UU Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan (GTK). Dari seminar itu ada rekomendasi dari Bupati Pandeglang kepada Gubernur Banten untuk mengusulkan secara resmi KH Mas Abdurrahman bin Jamal sebagai Pahlawan Nasional.

“Selanjutnya dari seminar ini nanti Gubernur Banten akan mengusulkan secara resmi KH Mas Abdurrahman bin Jamal sebagai Pahlawan Nasional kepada Presiden melalui Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan, dengan Surat Pengantar dari Dinas Sosial Provinsi. Rekomendasi usulan Pahlawan Nasional dari Gubernur itu akan disampaikan setelah adanya hasil sidang Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) tingkat Provinsi,” tuturnya

Harapan Kita,usulan Pahlawan Nasional untuk K . H. Mas Abdurrahman disetujui oleh tim pengkaji,Mudah mudahan gubernur Banten dapat mewujudkan sinergitas antara ulama dengan pemrov, menuju terwujudnya baldatun toyyibatun warobbun Ghofur.pungkasnya

(irgi)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.