by

IVANSA & CNR Dapat Dukungan Kelompok Tani Tompaso

Tompaso OLNewsindonesia – Jumat(8/6)

Animo masyarakat Kecamatan Tompaso dan Kecamatan Tompaso Barat khususnya pendukung Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Minahasa 2018 Ivan Sarundajang (Ivansa) dan Careig Naichel Runtu (CNR) sungguh luar biasa. Kedatangan dua tokoh Cabup dan Cawabup membuat Tenda yang disediakan tidak mencukupi untuk menampung semua yang hadir, hingga akhirnya sebagian besar berdiri diluar tenda bahkan dipinggir jalan untuk mendengarkan orasi.

Pernyataan dukungan kepada Ivansa dan CNR dari Kelompok Tani K ec Tompaso dan kec Tompaso Barat
Pernyataan dukungan kepada Ivansa dan CNR dari Kelompok Tani Kec Tompaso dan kec Tompaso Barat

Kegiatan yang diadakan pada Kamis siang (7/6), sesuai aturan yang berlaku dimulai jam 14.00 wita dan berakhir jam 17.00 wita, mengambil lokasi di Desa Kamanga, Kecamatan Tompaso tepatnya di rumah tokoh masyarakat Tompaso juga politisi senior mantan anggota DPRD Minahasa Herdi Mamesah.

Sebelum orasi acara diawali dengan penyampaian pernyataan dukungan kepada pasangan nomor urut 1 Ivansa & CNR, dari perwakilan Kelompok Tani Kec. Tompaso dan Kec. Tompaso Barat yang berjumlah 20 Kelompok Tani dan langsung diterima oleh Calon Bupati Ivan Sarundajang.

Politisi Senior Herdi Mamesah, membawakan orasi
Politisi Senior Herdi Mamesah, membawakan orasi

Ivansa menyampaikan terima kasih karena semakin banyak simpati yang berdatangan untuk mendukungnya bersama CNR sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa 2018. Dalam orasinya yang singkat Ivansa mengajak pendukungnya bersyukur karena Ivansa & CNR merupakan orang yang mengerti memimpin Minahasa menjadi lebih baik karena diusia produktifnya kini, sudah memiliki pengalaman masing-masing yaitu Ivansa sebagai eksekutif (Wakil Bupati Minahasa 2013-2018) dan CNR sebagai legislatif (Wakil DPRD Minahasa 2014-2019).

“Karena pengalaman tersebut tentu kami sangat mengetahui permasalahan saat ini dan bagaimana membangun untuk kemajuan Minahasa selanjutnya” kata Ivansa, yang langsung disambut tepuk tangan meriah massa yang hadir.

Careig Runtu (keenam dari kiri) dan istri (kelima dari kiri)
Careig Runtu (keenam dari kiri) dan Istri (kelima dari kiri)

Beliau juga mengatakan kepada pendukungnya untuk tidak membalas cercaan tentang masa lalunya tetapi doakanlah mereka. “Justru keterbukaannya tentang hal tersebut disaat pencalonannya tahun 2013 yang lalu, akhirnya membawa dia terpilih sebagai Wakil Bupati bersama Bupati saat itu,” kata Ivansa.

Lanjut Ivansa, ” Jadi bapak, ibu dan saudara-saudari semuanya, pilihlah kami apa adanya kami. Bukan karena ada apa-apanya kami,” langsung disambut meriah oleh semua yang hadir.

Calon Wakil Bupati Minahasa 2018 Careig Naichel Runtu melantik tim pemenangan desa-desa di Tompaso
Calon Wakil Bupati Minahasa 2018 Careig Naichel Runtu melantik tim pemenangan desa-desa di Tompaso

Selanjutnya orasi disampaikan oleh Calon Wakil Bupati Careig Naichel Runtu (CNR) dimana beliau menyampaikan visi misi pasangan mereka yang disusun bersama dengan tim pemenangan dan ahli-ahli dari akademisi, yang menyarankan untuk disusun secara sederhana agar dapat dipertanggung jawabkan kepada masyarakat.

Visi dan misi mereka adalah Menjadikan Minahasa Yang Berbudaya, Aman dan Sejahtera.  Dalam hal ini menurut CNR tentu harus membuat tata kelola pemerintahan yang baik, melayani tanpa melihat suku, agama, ras dan antar golongan.

“Menghormati dan melestarikan budaya akan menjadikan daerah ini maju, seperti halnya daerah Bali yang sangat maju karena menghargai budaya dan adatnya yang menjadi potensi ekonomi serta wisata. Pastilah Minahasa bisa demikian juga,” kata CNR. Menurut beliau Minahasa terus dijaga keamanannya agar semua aktifitas pertanian, perdagangan, investasi dan yang lainnya berlangsung dengan baik.

Sedangkan untuk kesejahteraan, Ivansa dan CNR akan meningkatkan kesehatan masyarakat dan sektor pendidikan untuk memajukan kualitas masyarakat Minahasa, “khususnya petani yang berdasar data statistik berjumlah 69% dari penduduk minahasa, akan menjadi prioritas utama meningkatkan kesejahteraan melalui revitalisasi pertanian, distribusi pupuk yang tidak kekurangan dan bantuan alat pertanian yang tepat sasaran,” kata Careig.

Menutup orasinya, CNR mengajak masyarakat memilih mereka Nomor Urut 1 dengan foto menggunakan pakaian adat, “karena kami menghargai budaya adat sehingga foto kami di kertas suara menggunakan pakaian adat Minahasa seperti yang bisa dilihat pada spanduk di atas panggung,” ujar Careig.

Selesai ramah tamah OL News Indonesia, berkesempatan mewawancarai Careig, beliau menjawab tentang programnya lebih spesifik bahwa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani, bila mereka terpilih maka akan segera menginventarisir permasalahan disetiap desa, kecamatan, yang tentunya berbeda-beda, bertemu dengan semua pengecer atau distributor untuk mengetahui kendala yang ada.

Beliau juga ketika ditanyakan keyakinan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, mengatakan yakin bisa membawa masuk dalam tiga besar pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara, dengan cara ketika nanti terpilih akan bekerja sama dengan semua stakeholder menyusun program yang terbaik dan melaksanakan secepatnya.

Akhir wawancara beliau berterima kasih karena diingatkan untuk terus mengedukasi masyarakat disetiap kesempatan kampanye. Seperti dalam orasinya mengajak masyarakat agar melapor kepada kepolisian dan kejaksaan bila hak-haknya tidak diberikan pemerintah.
Beliau setuju agar masyarakatpun memberikan informasi tersebut kepada jurnalis yang juga menjaga independensinya dalam pemberitaannya.

Sebelumnya saat Careig Runtu menyelesaikan orasi, masih dilanjutkan orasi oleh bapak Herdi Mamesah. Akhirnya orasi ditutup oleh Erick Mingkid SH MH sebagai Ketua Tim Pemenangan nomor urut 1 pasangan Ivansa & CNR. Selesai kampanye terbatas dilanjutkan pelantikan tim pemenangan Tingkat Desa di Kecamatan Tompaso dan Kecamatan Tompaso Barat.

AWK

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.