by

Progres Penataan Jalur Hijau Jalan Raden Patah Capai 50 Persen

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Penataan jalur hijau di Jalan Raden Patah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang dilakukan sejak awal Februari lalu, saat ini progresnya sudah mencapai 50 persen. Ditargetkan pekerjaan rampung pada pertengahan April mendatang.

Kepala Seksi Jalur Hijau dan Pemakaman Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Arwin Barus mengatakan, penataan jalur hijau sepanjang kurang lebih 600 meter ini dilakukan karena kondisinya sudah banyak rusak. Khususnya pada bagian planter atau bak pembatas tanaman.

Menurut Arwin, proses penataan yang melibatkan 15 personel satgas ini masih pada tahap pemasangan dan perapihan bata hebel bak pembatas tanaman.

“Saat ini yang sudah dikerjakan baru sekitar 300 meter atau 50 persennya. Targetnya pada pertengahan April mendatang perbaikan sudah rampung 100 persen,” kata Arwin, Senin (6/3).

Jika bata hebel sudah terpasang, ucap Arwin, penataan akan dilanjutkan dengan penanaman dua jenis tanaman hias, Bougenvil dan Lantana, agar lokasi ini menjadi lebih indah dan menarik.

“Penataan jalur hijau di sini karena planter boks eksistingnya sudah banyak yang rusak dan kurang tertata. Apalagi saat ini jelang pelaksanaan KTT ASEAN, sehingga perlu dilakukan penataan agar terlihat lebih menarik dalam menyambut tamu-tamu negara,” beber Arwin.

Ma’mun (32), seorang personel pasukan hijau yang lakukan penataan menuturkan, pihaknya harus ekstra hati-hati saat melakukan perbaikan karena banyak kendaraan melintas dan parkir di sisi kiri kanan jalan, karena di lokasi sekitar banyak perkantoran pemerintah, BUMN, sekolah hingga perguruan tinggi.

“Banyak kendaraan parkir dan lalu lalang tiap saat, jadi kita ekstra hati-hati saat melakukan perbaikan. Kendala lainnya adalah cuaca yang sering diguyur hujan deras. Sehingga pemasangan hebel jadi terhambat,” kata Makmun.

Menurutnya, pamasangan planter boks dengan menggunakan hebel agar terlihat rapi dan menarik, hebel yang sudah dipasang diplester dan diaci.

“Sebelumnya, planter dibuat dengan bata merah yang disusun setinggi 50 sentimeter dan kondisinya banyak yang rusak dan ambruk,’ pungkasnya.

210