Terus Dikebut Perbaikan Tebing Longsor Di Makasar

BERITA, JAKARTA45 Views

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Jakarta Timur terus kebut perbaikan badan jalan dan tebing longsor di Jalan Kerja Bakti VII, RT 09/04, Kelurahan Makasar, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.

Kasi Pemeliharaan Sudin SDA Jakarta Timur, Puryanto mengatakan, perbaikan badan jalan sepanjang 47 meter dan tebing setinggi 11,5 meter, yang longsor pada Selasa (4/10) lalu, saat ini progresnya baru mencapai sekitar lima persen.

Menurut Puryanto, saat ini pekerja sedang memasang cerucuk menggunakan kayu dolken, serta membuat kerangka plat lantai untuk landasan turap.

“Satu unit excavator long arm dikerahkan untuk pengerukan bagian tebing yang longsor. Saat ini progres pekerjaan baru lima persen,” katanya, Jumat (28/10).

Diakui Puryanto, faktor cuaca menjadi kendala yang menghambat proses pekerjaan. Jika hujan deras terjadi, ungkap Puryanto, otomatis proses pekerjaan jadi terhenti karena tebing cukup terjal dan tinggi. Kemudian debit air di kali tersebut juga cukup tinggi.

“Pemasangan plat, pengecoran dan pemasangan turap harus dilakukan saat cuaca cerah,” ucapnya.

Disebutkan Puryanto, turap akan dibuat tiga susun menggunakan batu kali agar kokoh dan tidak mudah longsor. Pekerjaan sudah dilakukan pihak ketiga sejak dua pekan lalu.

“Sesuai kontrak, target pekerjaan selesai 100 persen pada 15 Desember mendatang,” tandas Puryanto.

Jmy