Kadis Pendidikan Karo Buka Lomba Kreativitas Anak Tingkat PAUD Dan TK

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(29/11)

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH melalui Kepala Dinas Pendidikan Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti, M. Pd membuka Lomba Kreativitas anak-anak PAUD dan TK Se-Kabupaten Karo, Kamis (29/11) 2018 yang dilaksanakan di Gedung SKB Kabupaten Karo, Berastagi.

Dalam kata sambutan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karo, Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti, M. Pd didampingi Kabid PAUD, Riawati Br Karo Sekali, menyampaikan kreativitas akan membuat manusia lebih produktif. Selain itu, kreativitas juga dapat meningkatkan kualitas hidup serta dapat mempermudah mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan.

“Mengapa kreativitas tersebut harus dikembangkan atau dipupuk sejak dini? Jawabnya, karena dalam usia tersebut akan lebih mudah untuk menstimulasi kreativitas. Caranya dengan memberikan materi yang sesuai dengan level perkembangan anak,” kata Eddi Surbakti.
“Suatu karya kreatif sebagai hasil kreativitas seseorang dapat menimbulkan kepuasan pribadi yang tak terhingga nilainya. Dengan kreativitas tinggi yang dimilikinya, maka seseorang akan mempunyai pengembangan diri secara optimal,” imbuhnya.

Khususnya kepada orang tua dan para pendidik anak usia dini, kami berharap benar-benar dapat memahami pentingnya kreativitas dalam kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik dan pengajar dalam membimbing dan mengantarkan anak didik kita kepada pertumbuhan dan perkembangan prestasinya secara optimal,” ujar Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti, M. Pd.

Dijelaskannya lagi, bahwa pendidikan anak usia dini merupakan strategi pembangunan sumber daya manusia harus di pandang sebagai titik sentral yang memegang peranan yang sangat penting dalam membantu pemerintah mempersiapkan generasi muda sedini mungkin.

Kiranya dengan adanya kegiatan ini, dapat menggali segala potensi anak usia dini, membina anak-anak dalam berbagai kegiatan positif, serta memberikan kepercayaan kepada anak-anak untuk berkreasi sebagai pengembangan pola pikir di usai dini, harapnya.

Ia menambahkan, dengan adanya kegiatan positif seperti ini, maka pembentukan karakter anak akan terbentuk, dan meningkatkan sumber daya manusia, sehingga kedepan dapat menjadi generasi penerus bangsa.

Selanjutnya, usai membuka lomba kreativitas Kreativitas anak-anak PAUD dan TK Se-Kabupaten Karo, Kepala Dinas Pendidikan Dr. Drs. Eddi Surianta Surbakti, M. Pd memberikan bimbingan dan arahan pada pelatihan guru SD kerjasama dengan Tanoto Foundation di Perguruan Masehi Berastagi dalam rangka peningkatan kompetensi guru untuk mewujudkan misi Pendidikan Karo yakni “Karo Strong from Classroom”.

Dalam arahannya Kadisdik meyatakan bahwa, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH berharap seluruh stakeholder pendidikan baik, kepala sekolah, guru, pengawas sekolah bahkan dunia usaha dan industri untuk saling bergotong royong membangun pendidikan di Kabupaten Karo yang lebih baik.
“Mari kita tinggalkan sikap dan pemikiran yang saling menyalahkan satu sama lain, saatnya kita tunjukkan dan kerjakan sekecil apa pun itu untuk mebantu peningkatan mutu pendidikan,” tandasnya.

Bupati Karo melalui Kadis Pendidikan juga mengucapkan terima kasih kepada para dunia usaha/industri yang telah membantu peningkatan peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Karo terkhusus kapada Tanoto Foundation dengan program PINTAR, PT. Jafpa Comfeed Indonesia Tbk dengan program Japfa For Kids, dan PT. Pertamina Geothermal dengan progam Capacity Building bagi guru di Berastagi, ungkapnya.

Dipesankan Bupati Karo, sambung Eddi Surbakti bahwa pendidikan bisa maju lebih cepat, jika dikerjakan secara kolaboratif. Bupati juga mengajak PT. Jafpa Comfeed Indonesia Tbk melalui anak perusahaanya PT Indojaya Agrinusa ikut berpartisipasi membangun dunia pendidikan di Kabupaten Karo. Berdasarkan kesepakatan bersama, PT. Jafpa Comfeed Indonesia Tbk meluncurkan kegiatan Japfa For Kids yang sudah dimulai sejak April 2018 lalu.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *