by

Pandemi Covid-19, Samosir Masih Zona Hijau

Berita Samosir, OLNewsindonesia Kamis (28/5)

Pemkab Samosir, melalui Dinas Kominfo Samosir, menginformasikan Samosir tetap zona hijau (nihil infeksi) hingga hari ini, Rabu (27/5/2020).

Hal ini disampaikan Jubir Satgas Gugus Covid-19, Rohani Bakkara dalam keterangan pers nya, Rabu (27/5/2020).

Secara nasional, angka infeksi per hari ini masih tinggi (+686 orang), sembuh (+180 orang), dan meninggal (+55 orang). Dari sumber yang sama, Sumatera Utara memiliki 332 kasus infeksi. Refleksinya, kita akan tetap tingkatkan kewaspadaan dengan menerapkan protokol-protokol yang telah dikeluarkan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional sambil mempersiapkan penerapan tatanan normal baru.

Presiden Jokowi dalam siaran persnya pada hari Senin (25/05/2020) menekankan pengenalan yang lebih dini dan masif dari protokol menuju situasi ‘normal baru’ untuk meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat agar tetap produktif dan aman di tengah pandemi COVID-19. Untuk itu, mari kita tetap akses situs-situs resmi terkait perkembangan pencegahan dan penanganan COVID-19 secara nasional maupun lokal.

Secara garis besar, tatanan normal baru mencakup komunikasi risiko dan pelibatan masyarakat; air, sanitasi, dan kebersihan; Puskesmas dan gizi; pendidikan; perlindungan anak dari kelompok rentan; pembiayaan daerah untuk COVID-19.

Pemkab Samosir akan mengacu kepada panduan lintas sektor Tanggap COVID-19 untuk menuju normal baru. Tentulah, kebersamaan secara kolektif dari semua unsur masyarakat dibutuhkan untuk memberhasilkan persiapan-persiapan menuju tatanan normal baru tersebut.

Kita meyakini tidak ada yang tidak dapat kita lakukan ketika kebersamaan menjadi dasar utama untuk dapat produktif dan aman dari COVID-19. Energi dan pikiran kita sudah banyak tergerus akibat pandemi ini. Oleh karena itu, mari kita tetap belajar dan terus bekerja untuk mencari langkah-langkah solutif di lapangan untuk tetap menghadang COVID-19 dengan kehidupan normal baru seraya menunggu vaksin untuk COVID-19.

Mari kita bangun narasi komunikasi agar masyarakat tenang, waspada, dan optimis dalam menghadapi pandemi ini dengan menciptakan kesadaran nasional dari masing-masing kabupaten/kota di NKRI yang kita cintai ini.

Sudah lama aktivitas ekonomi kita tidak berjalan dengan normal karenanya mari kita sama-sama cermati tatanan normal baru agar ekonomi kita berjalan dengan baik dan kita pun sehat-sehat kendati COVID-19 yang terkendali ada di tengah-tengah kita.

Marilah kita tetap bersama-sama mencegah dan menangani COVID-19 dalam kebersamaan dan penyertaan Allah Semesta Alam yang terus melimpahi para pemimpin kita untuk menangani pandemi ini dengan hikmat supra ilahi dan seluruh NKRI dapat melalui masa-masa sulit ini dengan tetap teguh dan optimis bahwa hari esok adalah hari yang penuh harapan untuk kita hidupi bersama di Samosir ini.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.