by

Bupati Karo dan Wabup Deliserdang Sepakat Akses Jalan Serdang Barusjahe – Rumah Liang Dilanjutkan

Berita Karo.OLNewsindonesia,Kamis(26/11)

Pemerintah Kabupaten Karo dan Pemerintah Deliserdang sepakat akses jalan Serdang Barusjahe – Rumah Liang Kab. Deliserdang yang sudah hampir setahun terlantar, kembali dilanjutkan. Akses ini sebagai membuka ruang gerak perekonomian antar kedua daerah dan mendapat dukungan kuat mengalir dari pemerintah Kabupaten Dairi.

Demikian ditegaskan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH, usai menghadiri acara Rakorprov TPID, Selasa kemarin (23/11) 2020 pukul 17.30 WIB di Hotel Mikie Holiday Berastagi.

Benar, kesepakatan itu, dibuktikan Wakil Bupati HM Ali Yusuf Siregar, disaksikan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, Kepala Bappeda Kab.Karo Ir. Nasib Sianturi dan Bappeda Deliserdang Putra Manalu, kompak lakukan salam sepakat. Disamping salam sepakat, Terkelin Brahmana menyebutkan dalam waktu dekat ini kita akan berkunjung ke Pemda Deli Serdang untuk menandatangani kesepakatan tindak lanjut pertemuan kami ini,”kata Terkelin.

Ket foto  : Bupati Karo dan Bupati Dairi serta wakil Bupati Deliserdang sepakat akses jalan Serdang Barusjahe Kabupaten Karo - Rumah Liang Kab Deliserdang di lanjutkan, di Hotel Mikie Holiday Berastagi (23/11) 2020  (Ist)
Ket foto : Bupati Karo dan Bupati Dairi serta wakil Bupati Deliserdang sepakat akses jalan Serdang Barusjahe Kabupaten Karo – Rumah Liang Kab Deliserdang di lanjutkan, di Hotel Mikie Holiday Berastagi (23/11) 2020 (Ist)

Sementara Wabup Bupati Deliserdang HM Ali Yusuf Siregar, mengapresiasi sikap Bupati Karo yang mendukung penuh dilanjutkan kembali akses Serdang Barusjahe – Rumah Liang. Hal ini memperkuat kedua daerah dalam meningkatkan perekonomian dan selain itu memajukan sektor Parawisata yang berdekatan dengan KSPN (kawasan strategis Parawisata Nasional) di danau Toba, “ucapnya.

Respon itu, Yusuf menilai sungguh luar biasa. Apalagi Bupati Karo menunjukkan keseriusannya dalam waktu dekat bersedia datang ke Deliserdang menandatangani kesepakatan, langkah ini jelas, bukti nyata Pemda Karo berkomitmen kuat. Tentu upaya ini menjadi garis keras secara bersama sama menerobos kepihak Provinsi dan pusat menjadi semakin kuat, “ungkapnya.

Dikesempatan sama, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu, dihadapan Bupati Karo dan Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, mengatakan setuju dan mendukung kelanjutan jalan tembus Serdang Barusjahe – Rumah Liang Deliserdang. Atas pembukaan jalan ini, wilayah Dairi dapat lebih cepat jalan ke kota Medan dan Kualanamu. Hal ini Pemda Dairi mendukung 100%, apa yang dibutuhkan dukungan dari Pemda Dairi kita akan berikan dan lakukan,” papar Eddy Keleng.

Menurut catatan media, jalan tembus Serdang Barusjahe merupakan program lanjutan TMMD KE-101 tahun 2018 yang telah selesai dikerjakan oleh Kodim 0205/TK yang menelan biaya APBD Karo 1,6 Miliar dengan pengerjaan pembukaan jalan sepanjang 2.7 Km, sedangkan lanjutan pekerjaan diakhir tahun 2018 melalui APBD Karo dengan program Karya Bakti menelan biaya 1.5 Miliar dengan peningkatan jalan sepanjang 2.5 Km.

Total akses jalan telah dibuka sudah berkisar 5.2 Km dengan lebar10-12 meter telah selesai dikerjakan, sisanya lebih kurang 3 Km lagi, tembus ke Desa Rumah Liang Kab .Deliserdang, namun terhambat akibat mencakup kawasan hutan lindung dan kawasan konservasi Tahura Bukit Barisan.

Diberitakan sebelumnya, upaya Pemda Karo saat itu untuk adminitrasi surat menyurat sudah dikirimkan kepada Kementerian LHK sesuai surat Bupati Karo nomor :050/0217/bappeda /2018 tanggal 24 januari 2018,sedangkan ke Gubsu sesuai dengan surat nomor :050/0655/Bappeda/2019 tanggal 20 Februari 2019.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.