by

Bupati Samosir : Kementan RI Tetapkan Samosir Sebagai Daerah Pembibitan KAMPUT

Beita Samosir.Olnewsindonesia,Kamis(26/07)

Berdasarkan SK Menteri Pertanian RI no : 40 /Kpts/Pk 020/I/2017 tgl 20 Januari 2017, Kabupaten Samosir telah ditetapkan sebagai daerah endemik pengembangan dan akan menjadi sumber bibit kambing panorusan (kambing putih).

Sebagai tindak lanjut dari keputusan Menteri tersebut, para pakar dari berbagai perguruan Tinggi ( IPB,Brawijaya, UNPAD, Udayana dll ), mengadakan rapat di gedung IPB Science Technopark Bogor Jawa Barat, Selasa tgl 24 Juli 2018.

Hal ini disampaikan Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, melalui pesan seluler WhatsApp kepada OLNewsindonesia.com, Kamis(26/07).

Dalam rapat tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Perbibitan Kementan, dgn para dewan pakar bersama Pemkab Samosir dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara, menetapkan langkah langkah strategis agar Samosir sebagai sumber bibit ternak yang spesifik harus segera diwujudkan, yang akan dijadikan sebagai komoditi ternak unggulan dan menjadi daya tarik pariwisata juga komoditi lokal, Nasional dan Internasional, Ujar Bupati.

Foto : Rapat para dewan pakar, yang dipimpin langsung oleh Direktur Perbibitan Kementerian Pertanian RI di Gedung IPB Science Technopark Bogor, Jawa Barat (Selasa, 24 July 2018)
Foto : Rapat para dewan pakar, yang dipimpin langsung oleh Direktur Perbibitan Kementerian Pertanian RI di Gedung IPB Science Technopark Bogor, Jawa Barat (Selasa, 24 July 2018)

Dengan adanya kegiatan ini nantinya masyarakat akan diberdayakan utk menjadi peternak shg dpt menopang perekonomian masyarakat, juga sebagai bahan konsumsi dan kuliner, serta meningkatkan kearifan lokal (acara-acara khusus ritual), kata Bupati.

Semoga Program in berjalan dengan baik demi mewujudkan masyarakat Samosir yang Sejahtera, Mandiri dan berdaya saing. Mohon dukungan seluruh rakyat Samosir, maupun yang berada diperantauan, harap Bupati.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.