by

Pemkab Samosir Lounching Event HFS Tahun 2020 di Jakarta

Berita Samosir, OLNewaindonesia Minggu (23/2)

Pemerintah Kabupaten Samosir melalui Dinas Pariwisatanya telah me-launching sebanyak 11 kalender event rangkaian Horas Samosir Fiesta (HSF) ke 6 ditahun 2020 dipusatkan diKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta.

Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Alexander Reyaan bersama Bupati Samosir Rapidin Simbolon, Kapolres Samosir, Ketua DPRD Samosir, Direktur BPODT dan lainnya,  meluncurkan HSF 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, di Kantor Kementerian dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dimana sepanjang tahun ini akan digelar 11 even pariwisata unggulan.

Satu event di antaranya Samosir Music Internasional masuk dalam 100 Top Calendar of Event pariwisata nasional (National CoE) 2020. “Sebanyak 11 even yang masuk dalam Calendar of Event (CoE0 unggulan Kabupaten Samosir, di antaranya Samosir Music International, ini kita kemas spektakuler untuk membangkitkan pariwisata Samosir di kancah nasional dan internasional,” kata Bupati Samosir Rapidin Simbolon.

Tercatat 11 even yang dimaksud yakni Festival Gondang Naposo digelar pada 17-18 April 2020, Samosir Band Festival, 29-30 Mei 2020, Sigale-gale Carnival, 6 Juni 2020, Samosir Harvest, 27 Juni 2020, Horja Bius, 31 Juli-1 Agustus 2020, Samosir Music International (SMI), 7-8 Agustus 2020, Samosir Lake Toba Ultra Marathon, 26-27 September 2020, Festival Ulos, 15-17 2020, Festival Solu Bolon, 12-14 November 2020, Christmas Seasons, 19-20 Desember 2020, dan Festival Sipinggan, 27 Desember 2020.

Beliau mengatakan, launching even Horas Samosir Fiesta 2020 merupakan salah satu strategi promosi wisata Pemerintah Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) ke Samosir (Danau Toba).

Dengan adanya CoE unggulan ini, menurut Bupati Samosir Rapidin Simbolon, akan memudahkan bagi wisatawan dalam merencanakan dan menentukan pilihan waktu liburan ke Samosir (Danau Toba).

Direktur Wisata Alam, Budaya, dan Buatan, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Alexander Reyaan, mengapresiasi launching Horas Samosir Fiesta (HSF) yang diselenggarakan sejak 2013 atau memasuki tahun ketujuh.

“Kabupaten Samosir menjadi fokus perhatian pemerintah karena berada di kawasan Destinasi Super Prioritas (DSP). Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan 5 DSP yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo, dan Likupang yang tahun ini siap dipromosikan,” kata Alexander Reyaan.

Ia berharap kualitas penyelenggaraan HSF 2020 semakin meningkat sehingga menjadi sarana promosi yang efektif untuk mengenalkan daya tarik pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, Dumosch Pandiangan menjelaskan, 11 even pariwisata yang digelar sepanjang 2020 diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan. “Even pariwisata ini diharapkan akan mendongkrak jumlah kungjungan wisata ke Samosir,” kata Dumosch Pandiangan.

Ia menjelaskan, pada 2019 jumlah wisatawan ke Samosir mencapai lebih dari 418.00 wisatawan dan diharapkan tahun ini meningkat signifikan.

HSF 2020 akan diawali dengan penyelenggaraan even Gondang Naposo yang akan berlangsung di Pasir Putih Tandarabun, Desa Dosroha, Kecamatan Simanindo, pada 17-18 April 2020. Sementara, sebagai penutup akan digelar event Festival Sipinggan yang berlangsung di Pantai Sipinggan pada 27 Desember 2020.

Agustini Rahayu,  Kepala Biro Komunikasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga sangat mengapresisi launching yang digelar Pemkab Samosir.

Warga Samosir di Jakarta yang hadir di launching ini cukup banyak dan bersemangat sekali mengikuti acara demi acara yang dikemas juga ada perkusi taganing yang mempsona.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.