by

Ombudsman RI Kunjungi Rutan Kabanjahe Guna Kesiapan Mitigasi Bencana

Berita Karo.OLNewsindonesia.Jumat(22/10/21)

Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara, menerima kunjungan dari Ombudsman RI dan Perwakilan Sumut. Team Ombudsman terdiri dari 4 (empat) orang yakni: Yustus Yoseph Maturbongs, Asisten Madya Ombudsman Pusat, Binsar Simanjuntak, Asisten Pratama Pusat, Nita Lilis Anjarwati, Asisten Pratama Pusat dan Ganda Yoga Pangestu, Asisten Pratama Ombudsman Perwakilan Sumut.

Kunjungan ini dalam rangka untuk mengecek kesiapan Rutan (Rumah Tahanan) Kabanjahe dalam mitigasi bencana baik alam/non- alam baik kebakaran, kerusuhan, banjir, pandemi dan lain lain, serta mengecek kualitas pelayanan publik yang diberikan kepada masyarakat.

Pengecekan itu sebagai bentuk transparansi dan pelayanan prima sebagai wujud Rutan Kabanjahe untuk meraih Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Dalam kegiatan ini, Tim Ombudsman disambut Kepala Rutan Kabanjahe Sangapta Surbakti beserta pejabat struktural dan jajaran pada Jumat (22/10.2021).

Yustus Yoseph Maturbongs, Asisten Madya Ombudsman Pusat mengatakan,” Ombudsman akan mengecek kesiapan Rutan Kabanjahe menggunakan instrumen standar pelayanan publik. Instrumen standar itu mengacu Undang-Undang Pelayanan Publik.

Kami akan mendukung Rutan Kabanjahe untuk meraih predikat WBK. Standar pelayanan publik yang harus dipenuhi baik secara langsung dikantor maupun secara online,” terangnya.

Dalam kunjungannya, Beliau memberikan sanjungan kepada Rutan Kabanjahe, meskipun dalam situasi renovasi tetapi pelayanan yang diberikan mantap dan luar biasa. Apresiasi juga diberikan dalam pelayanan terkait makanan yang diberikan kepada warga binaaan dan menyempatkan mencicipi makanan yang akan diberikan untuk warga binaan.

“Sedang menikmati singkong goreng hasil gorengan Warga Binaan Rutan Kabanjahe, ini mantap kurang kopinya saja,” candanya sambil tertawa.

Dan terlihat di lokasi, masukan langsung diberikan kepada Tim WBK/WBBM Rutan Kabanjahe untuk dilakukan perbaikan sebelum mendapat penilaian dari Tim Penilai Nasional.

Sementara itu, Sangapta Surbakti selaku Kepala Rutan Kabanjahe mengakui pihaknya harus terus berbenah untuk memperbaiki sarana dan prasarana dalam mengantisipasi mitigasi bencana alam dan non alam serta pelayanan publik dan integritas internal.

“Pelayanan secara online juga sudah dilakukan oleh Rutan Kabanjahe. Masukan Ombudsman kita akui sangat membantu dan akan dinilai kembali oleh Tim Penilai Nasional,” ujar Surbakti ini.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.