by

Wagub Ariza Apresiasi Sinergi Masyarakat Hadirkan Ruang Ketiga Ramah Lingkungan, Resmikan Jogging Track Taman Kolaborasi

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meresmikan ‘Jogging Track’ Taman Kolaborasi yang berada di Komplek IKIP Duren Sawit Jakarta, Minggu pagi (21/8).

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, juga masyarakat sekitar yang telah berkolaborasi/bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta melaksanakan revitalisasi ‘Jogging Track’ Taman Kolaborasi. Sehingga hadir sebuah ruang ketiga yang ramah bagi anak-anak, remaja, lansia, disabilitas, serta ramah lingkungan.

Wagub Ariza menilai, kehadiran ruang ketiga di tengah masyarakat tidak kalah penting dengan ruang pertama dan kedua.

“Kehadiran taman ini sebagai ruang ketiga mengedepankan konsep kolaborasi antara pemerintah sebagai kolaborator dan warga sebagai ‘co-creator’ yang bersama-sama melaksanakan pembangunan kota Jakarta yang berkelanjutan. Atas nama Pemprov DKI Jakarta menyampaikan apresiasi karena warga bisa bersinergi dan berkolaborasi membangun taman ini,” ungkapnya seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Minggu (21/8).

Lebih lanjut, Wagub Ariza menjelaskan bahwa salah satu aspek paling mendasar dalam kehidupan kita yang harus dikerjakan dengan pendekatan gerakan dan kolaborasi adalah pengelolaan lingkungan. Antara lain melalui penyediaan ruang publik sebagai ruang ketiga yang setara dan mengundang interaksi warga.

Pengembangan ruang ketiga di Kota Jakarta Jakarta terus dilakukan, salah satu upayanya melalui pembangunan taman dan fasilitas umum. Oleh karena itu, revitalisasi ‘Jogging Track’ Taman Kolaborasi yang dilakukan oleh warga secara swadaya telah mendukung program pengembangan ruang ketiga di Kota Jakarta. Kolaborasi inilah yang akan selalu menguatkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan Kota Jakarta yang berkelanjutan.

“Saya berharap agar fasilitas ‘Jogging Track’ yang telah dibangun oleh warga, harus dimiliki dan dirawat oleh warga secara bersama-sama agar memberikan manfaat baik bagi kehidupan warga,” ujar Wagub Ariza

Di samping itu, Wagub Ariza menjelaskan bahwa selain sebagai tempat berinteraksi dan bersosialisasi, ‘Jogging Track’ Taman Kolaborasi Komplek IKIP ini dinilai dapat mendukung gaya hidup sehat masyarakat sekitar.

Ia menambahkan, pola hidup sehat dimulai dari pikiran jernih, hati yang bersih, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup dan tentunya juga harus dibarengi dengan olahraga; ‘Mensana in Corporesano’, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

“Saya meyakini, fasilitas taman dan jogging track ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran warga yang bermukim di kawasan ini, terutama untuk olahraga lari, jalan cepat ataupun berlari kecil (‘jogging’). Apa yang dibuat dan dikolaborasikan dengan masyarakat di sini adalah sesuatu yang sangat baik bagi lingkungan sekitar sini. Paling penting dijaga, dimanfaatkan bersama, saling mendukung dan melengkapi,” ucapnya.

210