by

Kepala Badan Otorita IKN Pastikan Penduduk Lokal Akan Jadi Bagian Pembangunan IKN

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono memastikan bahwa penduduk lokal di lokasi IKN akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri. Untuk itu, pihaknya akan mempersiapkan penduduk lokal dan membekali mereka dengan berbagai pelatihan yang akan dibutuhkan nantinya.

Hal tersebut disampaikan Bambang, Rabu (20/07/2022), dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

“Kami bekerja sama dengan elemen masyarakat apakah itu lembaga swadaya masyarakat, apakah itu akademisi, apakah itu juga CSR dari beberapa BUMN atau perusahaan untuk reskilling dan upskilling istilahnya. Jadi memberikan skill-skill yang insyaallah dibutuhkan oleh para saudara-saudara kita yang sekarang ini sudah bermukim di kawasan IKN sehingga nantinya mereka juga akan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan IKN itu sendiri,” ujarnya.

Bambang mengungkapkan, di dalam rapat dirinya melaporkan terkait persiapan pembangunan sejumlah pekerjaan infrastruktur bangunan-bangunan inti yang rencananya akan pertama dibangun pada bulan Agustus mendatang. Persiapan tersebut mencakup antara lain konsolidasi soal lahan hingga akses logistik.

“Utamanya kita akan melihat di lapangan, misalnya pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan land consolidation, land clearing misalnya ya (pematangan tanah), kemudian juga akses-akses logistik. Itu akan segera dipersiapkan dengan harapan agar nanti di tahun depan itu memang kita sudah mulai full scale (dalam skala penuh) untuk membangun infrastruktur dan bangunan-bangunan inti,” ujarnya.

Di samping mempersiapkan pembangunan infrastruktur, ujar Kepala Otoritas IKN, pada bulan Agustus pihaknya juga akan melakukan jajak pasar untuk menampung ketertarikan elemen masyarakat yang ingin turut berpartisipasi dalam pembangunan di IKN. Bambang mencontohkan, di kawasan inti pusat pemerintahan akan ada berbagai pembangunan fasilitas mulai dari kesehatan, pendidikan, hingga fasilitas kebutuhan sehari-hari dan hiburan.

“Jadi pada intinya yang akan kita bangun tidak hanya bangunan fisik, tetapi juga bagaimana kita membangun satu ekosistem dari satu kota yang layak huni. Dan itu target kami di 2024, sehingga nantinya satu ekosistem perkotaan yang komplet dari fasilitas pendidikan, fasilitas kesehatan, fasilitas sehari-hari, kemudian fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan amusement center, misalnya bagaimana kita nanti akan berwisata di sana dan sebagainya, itu akan terangkum dan terajut dengan baik di kawasan inti pusat pemerintahan IKN,” tuturnya.

Bambang mengungkapkan, Kepala Negara memberikan arahan agar semua hal tersebut disiapkan dengan segera agar pembangunan IKN bisa sesuai dengan tenggat waktu yang telah direncanakan oleh pemerintah.

“Bapak Presiden menyampaikan arahan untuk sesegera mungkin mempersiapkan ini semua, sehingga nantinya kita akan bisa tetap menjaga target-target, on the track istilahnya, yang akan kita canangkan pada tahun 2024 mendatang,” pungkasnya.

210