by

Dra. Syane Lonan Terpilih Sebagai Sekretaris Cabang Periode 2019-2022 Hasil Konfercab II Koalisi Perempuan Indonesia Cabang Minahasa

Berita Minahasa, Online News Indonesia, Senin (21/1)

Wanita Minahasa menunjukkan eksistensinya dalam kehidupan bermasyarakat, bahkan sejak dahulu berjuang bersama-sama dengan kaum lelaki bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat serta tanah Minahasa, ini jelas terlihat dari pemberian diri sosok yang membanggakan warga Sulawesi Utara yaitu pahlawan nasional Maria Walanda Maramis.

Bertempat di Gedung Glori-A Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa sabtu (19/01/2019) perempuan Minahasa masa kini terus berkarya salah satunya melalui Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) Cabang Minahasa, dimana mereka peduli dengan agenda penting pesta demokrasi 2019 yaitu Pemilu sehingga diselenggarakan Seminar dengan tema “Mewujudkan Pemilu Damai Tanpa Sara”.

Komisioner KPU Prov. Sulut Yessy Momongan STh MSi (kanan) saat menyampaikan materi, didampingi Purek III Unima Dr. Siska Kairupan MSi (kaca mata) dan Sekjen KPI Dian Kartika Sari (kedua dari kiri)
Komisioner KPU Prov. Sulut Yessy Momongan STh MSi (kanan) saat menyampaikan materi, didampingi Purek III Unima Dr. Siska Kairupan MSi (kaca mata) dan Sekjen KPI Dian Kartika Sari (kedua dari kiri)

KPI Cabang Minahasa dalam pertemuan itu juga sekaligus melaksanakan agenda penting lainnya setelah seminar yaitu Konferensi Cabang ke-II untuk KPI Minahasa.

Pembicara seminar diberikan langsung oleh Sekretaris Jenderal KPI Dian Kartika Sari, Komisioner KPU Prov.Sulut Yessy Momongan STh Msi dan Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Universitas Manado Dr. Siska Kairupan MSi.

Penyerahan Piagam Penghargaan dari KPU Prov. Sulut kepada Koalisi Perempuan Indonesia
Penyerahan Piagam Penghargaan dari KPU Prov. Sulut kepada Koalisi Perempuan Indonesia

Ditemui langsung oleh Online News Indonesia, Dian Kartika Sari mengatakan pentingnya perempuan berpartisipasi dalam Pemilu 2019 ini, “perempuan harus bisa mencegah konflik terutama konflik sara akibat pilihan yang berbeda-beda”, ujar Dian Katika Sari.

Peserta Seminar Dan Konferensi Cabang Ke-II KPI Minahasa
Peserta Seminar Dan Konferensi Cabang Ke-II KPI Minahasa

Sedangkan Yessy Momongan STh MSi selaku komisioner KPU Prov Sulut dalam kesempatan seminar ini diantaranya menyinggung metode pemberian suara, dimana ada 3 (tiga) jenis surat suara yang perlu diperhatikan ketika mencoblos yaitu :

– Surat suara Pilpres
– Surat suara DPR RI, DPRD Provinsi & DPRD Kabupaten/Kota
– Surat suara DPD

KPU Prov. Sulut pada saat itu juga berkesempatan memberikan Piagam Penghargaan kepada Koalisi Perempuan Indonesia atas peran serta dan kerja samanya dalam penyelengaraan tahapan pemilu 2019.

Sedangkan dalam Konferensi Cabang II, KPI Minahasa yang telah berdiri sejak 12 November 2011 memilih pemimpin baru untuk periode 2019-2022.

KPI Minahasa kini telah memiliki 5 balai perempuan di tiga kecamatan yakni :

1. Balai Talikuran Kecamatan Kawangkoan Utara
2. Balai Talikuran Utara Kecamatan Kawangkoan Utara
3. Balai Talikuran Barat Kecamatan Kawangkoan Utara
4. Balai Karondoran Kecamatan Langowan Timur
5. Balai Kalawiran Kecamatan Kakas Barat

Pemilihan Sekretaris Cabang diikuti oleh 53 anggota, yang harus memilih diantara 2 calon yaitu Jein Kentey dan Syane Lonan. Dan akhirnya Jein Kentey memperoleh 9 suara dan Syane Lonan memperoleh 43 suara dan 1 suara tidak sah.

KPI Minahasa yang terpilih untuk periode 2019-2022 terdiri dari Sekretaris Cabang dan 5 (lima) Dewan Kelompok Kepentingan (DKK) dan langsung dilantik pada sabtu malam (19/01’19) oleh Sekretaris Jendral KPI Ibu Dian Kartika Sari yang hadir dari Jakarta bersama staff Sekretaris Nasional KPI Mun Safana.

Berikut ini susunan pengurus Cabang KPI Minahasa 2019-2022, yaitu :

– Sekretaris Cabang, Dra. Syane Lonan
– DKK Pekerja Informal, Riske Inggrita Kasenda
– DKK Ibu Rumah Tangga, Jeane Grace Massie
– DKK Profesional, Altje Najoan
– DKK Petani, Agustina Manimpurung
– DKK Lansia, Syane Polla

Arnold K

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.