Gubsu Dan Bupati Karo Bahas Gundaling Dan Kantor Tim Monev BNPB

Berita Karo.OLNewsindonesia.Selasa(19/02}

Dalam rangka pendampingan Kolonel Yufti Senjaya, untuk menyampaikan tugas tugasnya selama akan bertugas di Kab . Karo selaku utusan pihak BNPB, dalam melakukan Monev (Monitoring evaluasi) guna pemulihan pasca erupsi gunung Sinabung, mengadakan audensi dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH. Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal SE selaku Dansatgas Bencana Alam erupsi gunung Sinabung , Natanael Perangin Angin Kabid Logistik BPBD Karo, Selasa (19/ 02) 2019 pukul 16. 00 WIB di ruang kerja kantor Gubsu Medan.

Diawal pembukaan pembicaraan, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH menyampaikan beberapa isu terkait pasca erupsi gunung Sinabung yakni sekarang ini di Kab . Karo ada ditugaskan seorang Kolonel Yufti Senjaya perwakilan dari BNPB Pusat, ” ucapnya.

Untuk mendukung tugas tugas sehari hari utusan BNPB ini dibutuhkan kantor /pos untuk menetap sebagai tempat kordinasi antar lintas dinas terkait, lintas OPD, lintas elemen masyarakat. Harapan kami kiranya pak Gubernur dapat memberikan fasilitas tempat pinjam pakai milik Provinsi yang berada di Kabanjahe, ” ujarnya.

Ket foto  : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Dandim 0205 Tanah Karo, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara  Riadil Akhir Lubis di ruang kerja Gubsu, Selasa (19/02) 2019
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH saat bertemu dengan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi didampingi Dandim 0205 Tanah Karo, Kepala BPBD Provinsi Sumatera Utara Riadil Akhir Lubis di ruang kerja Gubsu, Selasa (19/02) 2019

Kami Pemda Karo siap untuk mengajukan surat maupun memenuhi adminitrasi jika pihak Provinsi memberikan tempat yang kami ajukan nantinya, dengan kedatangan kami ini, mudah mudahan ada petunjuk dan solusi yang diberikan, baik lokasi dan tempat yang layak dapat dipergunakan perwakilan BNPB tersebut, “jelas Terkelin.

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyambut baik atas usulan yang disampaikan Bupati Karo, dalam rangka mendukung tugas tim Monev dari BNPB, pertama harus ada kantornya.

Untuk itu, saya tugaskan kepala BPBD Provinsi Riadil Akhir Lubis segera berikan fasilitas kantor milik propinsi yang ada di Kabanjahe, ini harus segera tindak lanjuti. Tidak perlu surat surat, sebab ini sifatnya emergensi dan sangat dibutuhkan, itu segera ya, lokasinya dimana, ada gak? balik bertanya Gubsu kepada Riadil, saat berada diruang kerja Gubsu,” tegasnya.

Riadil Akhir Lubis langsung menjawab, ” sudah ada pak, lokasinya bekas kantor pengairan Provinsi jalan Veteran Kabanjahe, kata Riadil, menyebutkan kepada Gubsu sembari akan menindaklanjuti nya. Pernyataan Riadil tersebut langsung disambut Gubsu, “nah, apa lagi sudah jelas semua-kan, dan saya mau lebih cepat lebih bagus, ” tegas Edy menimpali .

Prioritas kedua untuk Tanah Karo , agar daerah Gundaling dihijau-kan balik sekelilingnya, karena Gundaling adalah daerah wisata yang diminati serta dikunjungi terlaris baru ke Danau Toba,” katanya.

Oleh sebab itu, saya minta segera kordinasikan dengan dinas terkait agar menata ulang kembali penghijauan, sehingga menjadi nyaman dan tenang bagi masyarakat lokal dan luar daerah, ketika bertamasya ke Berastagi,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama kepala BPBD propinsi Riadil Akhir Lubis mengatakan sesuai instruksi tadi, saya segera siapkan adminitrasinya dan akan memberikan kantor bekas pengairan Provinsi jalan Veteran Kabanjahe sebagai kantor kordinasi bagi perwakilan BNPB di Tanah Karo, ” terangnya.

Sementara Kolonel Yufti Senjaya selaku tim Monev BNPB mengapreisasi respon Gubsu yang telah menyetujui sebuah kantor milik Provinsi , untuk tempat saya berkantor nantinya, ini luar biasa bagi saya atas dukungan pak Gubsu dalam mendukung tugas tugas saya selaku perwakilan BNPB, ” ujarnya.

Ini tentu akan saya laporkan kepada Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo atas dukungan Gubsu , dan sekalian tadi ada pesan Gubsu untuk saya teruskan bahwa pak Gubsu ingin kepala BNPB datang ke Karo . Pesan ini akan saya sampaikan nantinya agar pimpinan BNPB sesuai harapan pak Gubsu kiranya diharapkan minggu depan bisa hadir ke Karo , “kata Kolonel Yufti mantan anggota Gubsu semasa di Kostrad.

Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal mengatakan pos ini sangat cocok segera diadakan agar pos ini sebagai pos terpadu antara TNI /Polri dan OPD serta masyarakat untuk tempat pertemuan dalam rangka terkait semua penanganan erupsi gunung Sinabung , ” ujar Taufik.

Usai acara, Natanael perangin Angin Kabid Logistik BPBD Karo menyampaikan jika bekas kantor pengairan Provinsi ini disetujui kami akan segera cek dan tinjau. Survei ini perlu, apa yang harus dibenahi nantinya, maka kami akan benahi dengan dana swadaya dulu, selanjutnya untuk dana operasional perwakilan tim Monev BNPB akan kita usulkan ke BNPB nantinya, “pungkasnya.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *