Pemerintah Kabupaten Samosir launching E-Government Dengan Empat Aplikasi

Berita Samosir, Online News Indonesia, Selasa (18/12)

Dalam rangka meningkatkan pelayanan kepegawaian yang efektif dan efisien serta untuk mendukung program e-government, Pemerintah Kabupaten Samosir Sumatra Utara, launching E-Government dengan mengadakan empat aplikasi diantaranya e-Kinerja, e-Solu Samosir, e-Dompak Samosir dan e-Transda, Selasa (18/12) di Pelataran Kantor Bappeda Samosir, Jalan Rianiate Pangururan.

Pemerintah Kabupaten Samosir, launching E-Government Dengan Empat Aplikasi diantaranya e-Kinerja, e-Solu Samosir, e-Dompak Samosir dan e-Transda, Selasa (18/12)
Pemerintah Kabupaten Samosir, launching E-Government Dengan Empat Aplikasi diantaranya e-Kinerja, e-Solu Samosir, e-Dompak Samosir dan e-Transda, Selasa (18/12)

Turut hadir Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, Kapolres Samosir yang diwakili Wakapolres Samosir Kompol Charles Simanjuntak, Dandim 0210 diwakili Pabung Mayor (Arh) Panjaitan, Sekda Samosir Jabiat Sagala, Kacab BANK Sumut Cab.Samosir, seluruh SKPD, Asisten dan Kabag, seluruh Camat, ASN, perwakilan kab.Tobasa dan Insan Pers.

Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, Kapolres Samosir yang diwakili Wakapolres Samosir Kompol Charles Simanjuntak, Dandim 0210 diwakili Pabung Mayor (Arh) Panjaitan, Sekda Samosir Jabiat Sagala dan Kepala Bappeda Rudy Siahaan, Foto bersama disela Louncing e-government dengan empat aplikasi
Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM, Kapolres Samosir yang diwakili Wakapolres Samosir Kompol Charles Simanjuntak, Dandim 0210 diwakili Pabung Mayor (Arh) Panjaitan, Sekda Samosir Jabiat Sagala dan Kepala Bappeda Rudy Siahaan, Foto bersama disela Louncing e-government dengan empat aplikasi

Dalam arahannya, Bupati Samosir Drs.Rapidin Simbolon MM sangat mengapresiasi pelaksanaan launching e-government tersebut. “Saya berharap kepada seluruh kepala SKPD agar bisa menghasilkan inovasi-inovasi lainnya, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam rangka pelayanan publik,”kata Bupati.

Dia menegaskan, kepada seluruh tim e-government harus dapat empaty terhadap pengguna seluruh aplikasi yang sudah dibangun. Begitu pun, seluruh SKPD harus secara serius dan konsisten untuk menggunakan sistem yang telah dibangun dan bekerja secara tulus dan ikhlas, ucapnya.

Ditambahkannya, Kita harus tampil sederhana, bersahabat, bersahaja, Berani dan tegas. Kepintaran bukan segalanya tetapi keiklasan kejujuran dan pengorbanan itu yang utama, ujar Rapidin.

Selesai menyampaikan arahanya, Bupati Samosir di dampingi Sekda, wakapolres, pabung dan kepala Bappeda Kabupaten Samosir secara serentak memukul gondang tanda dilouncing nya E-Government Dengan Empat Aplikasi diantaranya e-Kinerja, e-Solu Samosir, e-Dompak Samosir dan e-Transda.

Adapun Manfaat dari aplikasi e-Kinerja yang diterapkan oleh pemkab Samosir adalah :
1. Untuk peningkatan serta dsar pemetaan kompetensi pegawai
2. Sebagai dasar untuk distribusi pegawai yang efektif, efisien dan terukur
3. Dalam rangka peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)
4. SKPD akan disiplin melaksanakan kegiatan dan penyerapan anggarannya sesuai anggaran kas dan menyampaikan laporan laporanya, jika tidak maka akan adanya pengurangan tunjangan kinerja pada seluruh SKPD dan ASN
5. Memotivasi peningkatan kinerja pegawai, bekerja disiplin waktu terkait langsung dengan penambahan penghasilan.
6. Pegawai akan siap ditempatkan dimana saja

Manfaat dari aplikasi E-Solu Samosir (Sistem Online Layanan Umum kabupaten Samosir) adalah :
1. Menyediakan fasilitas pengelolaan pelayanan pengaduan dan aspirasi publik berbasis teknologi informasi, sehingga tercapainya peningkatan pelayanan yang cepat, transparan dan tepat sasaran.
2. Pelayanan pengaduan menjadi transparan, efektif dan efesien.
3. Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dimanapun dan kapan pun, serta ikut berpartisipasi dalam pembangunan dan perbaikan pelayanan publik di kab.Samosir.

Manfaat dari alikasi E-Dompak Samosir (Daftar Online Masyarakat Pelayanan Administrasi Kependudukan) adalah :
1. Mempermudah proses admdnistrasi kependudukan
2. Memberikan pelayanan yang efektif dan efisien
3. Terwujudnya masyarakat yang sadar administrasi kependudukan, sehingga terwujud tertib administrasi kependudukan.

Manfaat dari aplikasi E-Transda (Transfer Data) adalah memberikan kemudahan, transparansi serta konsistensi program/kegiatan dalam proses perencanaan dan penganggaran yang sesuai dengan prioritas kabupaten dan sesuai dengan visi dan misi RPJMD sehingga hasilnya efektif dan efisien.

E-Transda merupakan aplikasi penghubung antara aplikasi perencanaan (e-planing) dengan aplikasi penganggaran (e-budgeting) yaitu SIMDA.

(JuntakStar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *