by

Ditargetkan Perumda PAM Jaya Untuk Capai Layanan 100 Persen Tahun 2030

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Perumda Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya menargetkan capaian layanan 100 persen pasokan air bersih perpipaan kepada warga Jakarta pada tahun 2030 mendatang.

Direktur Utama Perumda PAM Jaya, Arief Nasrudin mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya percepatan pemenuhan pasokan air bersih perpipaan mencapai target 100 persen pada tahun 2030.

“Ini salah satu tugas kami (PAM Jaya) untuk mengejar target kedaulatan rakyat dalam pelayanan air bersih bagi warga Jakarta,” ujar Arief Nasrudin saat menghadiri diskusi bertema Mewujudkan Kedaulatan Air di Jakarta, yang digelar Koordinatoriat Wartawan Balai Kota-DPRD DKI Jakarta, Senin (14/11).

Menurutnya, PAM Jaya membutuhkan dana sebesar Rp 23 triliun lebih untuk mencapai target 100 persen pasokan air bersih melalui perpipaan bagi warga Jakarta.

“Kami akan menggandeng investor di hulu untuk pemasangan pipa sepanjang 4.500 kilometer untuk melayani sekitar 33 persen warga Jakarta yang hingga saat ini belum mendapatkan layanan air bersih perpipaan,” katanya.

Untuk itu, lanjut Arief, pihaknya meminta dukungan semua pihak sehingga pengelolaan air yang telah diambil langsung dan target capaian layanan 100 persen hingga tahun 2030 mendatang tercapai.

“Inilah saatnya PAM jaya mendapatkan dukungan dari semua pihak,” ucapnya.

Sebelumnya, dalam sambutan secara virtual, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengapresiasi diskusi yang digelar oleh Koordinatoriat Wartawan Balai Kota-DPRD DKI Jakarta bertema Mewujudkan Kedaulatan Air di Jakarta.

“Saya apresiasi diskusi yang digelar hari ini sangat strategis bagi kita semua. Pemerintah hadir untuk memberikan landasan dalam hal ini hak atas air baik di daratan Jakarta maupun Kepulauan Seribu. Dengan terwujudnya akses air bersih ke seluruh lapisan masyarakat maka kedaulatan air di Jakarta akan terjaga dari waktu ke waktu,” ujarnya.

Sementara anggota komisi B DPRD DKI Jakarta, Adi Kurnia Setiadi menambahkan, legislatif akan terus mengawal proses pengelolaan air bersih perpipaan yang dilakukan oleh Perumda PAM Jaya.

“Dewan akan melakukan pengawasan dalam upaya mencapai target pengelolaan air bersih di Jakarta tercapai. Kami akan melakukan kontrol sehingga pemanfaatan dan kemaslahatan bisa mencapai kepada masyarakat Jakarta,” tandasnya.

210