Wara Sinuhaji Sebut Karo Dapat Menjadi Warisan Dunia

Berita Karo.OLNewsindonesia,Senin(12/08)

Kaum Akademisi USU (Universitas Sumatera Utara) yang dipromotori Wara Sinuhaji dan Dr. Suparayitno ingin membangkitkan semangat Karo untuk melanjutkan studi doktor (S3) ke USM (University Sains Malaysia) Pulau Pinang Malaysia dengan program beasiswa USM.

Sepak terjang kedua akademisi USU yang sudah mumpuni dan tidak diragukan lagi yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, akan berencana membuat “Karo Menuju Warisan Dunia.”

Serangkaian program ini sudah tentu sangat membutuhkan pemangku kebijakan dari pemerintah Kabupaten Karo , membuat kedua striker ini menyambangi kantor Bupati Karo , Senin (12/08) 2019 pukul 10.00 WIB dan diterima Bupati diruang kerjanya.

Ket foto : Bupati Karo menerima audensi tokoh akademisi USU Wara Sinuhaji dan Dr Suprayitno terkait Cagar Budaya menuju Karo warisan dunia di  ruang kerja Bupati, di Kabanjahe (12/08) 2019 .
Ket foto : Bupati Karo menerima audensi tokoh akademisi USU Wara Sinuhaji dan Dr Suprayitno terkait Cagar Budaya menuju Karo warisan dunia di ruang kerja Bupati, di Kabanjahe (12/08) 2019 .

Menurut Dr suprayitno, kedatangan mereka untuk menginformaiskan kepada Bupati Karo terkait rencana kedatangan Prof. Dato Dr. Moktar Saidin guru besar Arkeologi dari pusat penelitian Arkeologi Global pulau Pinang Malaysia dan World Heritage UNESCO Ke sumut dilanjutkan ke Kab. Karo,ujarnya .

Atas rencana kedatangan Guru Besar Arkeolog ini, saya bersama pak Wara Sinuhaji berkoordinasi dengan Bupati Karo agar membuat kerjasama dngan Pemkab Karo nantinya,”terangnya.

Tujuan program kegiatan ini di Kab . Karo guna mengupayakan Cagar Budaya di Kab Karo dapat diperjuangkan menjadi World Heritage (warisan budaya peringkat dunia ) dari UNESCO dan hal ini situs di Desa Limang Kec. Tiga Binanga Kab . Karo dan membangun industri Parawisata berbasis kepada warisan budaya berkualitas dunia di Kab . Karo, “tuturnya.

Wara Sinuhaji menambahkan, agar membangkitkan semangat Karo mengharapkan kerjasama dengan dunia pendidikan dalam hal mengumpulkan perwakilan dari para guru dari Kab. Karo untuk menjadi peserta, demi menuju Karo warisan dunia,”katanya.

Rencana tanggal 25 Agustus 2019 dari pihak Cagar Budaya malsyasia akan berkunjung ke Karo, ini masih informasi, jika ada perubahan segera kita beritahukan ke Pemkab Karo, “jelasnya.

Disamping itu, ia (Wara Sinuhaji ) menyinggung saat ini santer pembicaraan terkait pro-kontra pembangunan jalan tol Medan – Berastagi menyita perhatian masyarakat bahkan beragam krtikan sesuai informasi beredar belum terealisasi,”ungkapnya.

Menurutnya, harus dibuat terobosan ke pusat agar pemerintah pusat memperhatikan kab. Karo, dengan cara bupati karo tetap eksis dan jangan bosan bosan memperjuangkan yang baik demi masyarakat,” katanya.

Dalam mewujudkan jalan Tol Medan – Berastagi atau dalam bentuk tiang pancang yang didengungkan selama ini oleh ICK (Ikatan Cendekiawan Karo ) komisi D DPRD Provsu dan Pemkab Karo , bukan semata tanggung jawab Pemkab Karo semata, itu adalah semua stakeholder dan pemangku kebijakan lintas Pemda, lintas Provinsi dan lintas pusat,”sebutnya.

Menyahuti tersebut, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengapresiasi bentuk kepedulian sang tokoh kedua dari USU ini, begitu peduli ingin mewujudkan Karo menuju warisan dunia,”ujarnya.

Kita dukung, jika memang arkeologi dari Malaysia datang ke Karo , apalagi mengangkat budaya Karo dan mempromosikan kedunia Internasional , ini luar biasa patut kita puji, pada intinya, kami Pemda Karo siap menyambut kedatangan Arkeolog ini,akan kita berikan pelayanan terbaik, “ucap Terkelin Brahmana.

Turut hadir dalam audensi ini Sekda Kab Karo Drs Kamperas Terkelin Purba, Kabag Umum Tamat Purba, Kadis Plt Parawisata Kasman Sembiring pemerhati budaya Nancy Brahmana.

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *