by

Mahasiswa USU Gelar KKN Di Desa Budaya Dokan

Berita Karo.OLNewsindonesia,Selasa(12/08)

Mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) yang sedang melakukan KKN (Kuliah Kerja Nyata) USU 2019 di Desa Budaya Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo gelar berbagai kegiatan dalam mengimplementasikan ilmu yang di dapat selama mengikuti bangku perkuliahan.

Masing masing jumlah Mahasiswa tersebut terdiri dari : 6 (enam) orang dari Fakultas Pertanian, 5 (lima) orang dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, 2 (dua) orang dari Fakultas Ilmu Budaya, 1 (satu) orang dari Fakultas MIPA.

Kuliah Kerja Nyata Universitas Sumatera Utara ini, selama satu bulan lebih hingga selesai pada tgl 20 Agustus 2019 nanti telah melakukan berupa kegiatan di lingkungan KKN nya , diantaranya adalah :
1. Sanitasi Lingkungan Desa
2.Pembenahan dan pengecatan Kantor Kepala Desa
3. Sosialisasi dengan Karang Taruna
4. Edukasi Murid SD Dokan CTPS ( Cuci tangan pakai sabun)
5.Edukasi Murid SD Dokan Sikat Gigi dengan baik
6. Senam Pagi bersama para Lansia
7. Gotong Royong bersama masyarakat Desa
8.Sosialisa dengan masyarakat melalui perpulungen /arisan (kumpulan) Agama Kristen dan Wirid Agama Islam
9.Pengecatan Gapura
10. Posyandu
11. Mengajar setiap hari di rumah belajar
11. Pembuatan Apotik Hidup (on proses)
12.) Kepanitiaan Perayaan 17 Agustus bergabung dengan Karang Taruna (on proses).

Ket foto  : Tampak Kepala Desa Dokan Martinus Sembiring (baju abu abu) bersama Mahasiswa USU memasang bendera dan umbul umbul untuk menyemarakkan HUT Ke 74 Republik Indonesia.
Ket foto : Tampak Kepala Desa Dokan Martinus Sembiring (baju abu abu) bersama Mahasiswa USU memasang bendera dan umbul umbul untuk menyemarakkan HUT Ke 74 Republik Indonesia.

Menurut Kepala Desa (Kades) Budaya Dokan, Martinus Sembiring SH kepada wartawan olnewsindonesia.com, terkait kehadiran para Mahasiswa dari USU
tersebut mengatakan, ” sangat membantu dalam membangun Desa kami, seluruh kegiatan adik adik dari Mahasiswa USU ini saya apresiasi, terlebih kegiatan kali ini, kami mengecat dan memperindah Gapura Desa dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 74 Republik Indonesia, “ucap Kades bangga.

Bilson P Sidauruk (22) selaku Ketua koordinator saat di konfirmasi mengatakan,” kalau KKN PPM (Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) USU 2019 dilakukan di Desa budaya /Wisata Dokan Kec . Merek, Kab . Karo ini dilakukan dengan tujuan untuk mengabdi ke masyarakat dan mengaplikasikan apa yang telah dipelajari di kampus dan menerapkan nya di masyarakat dalam wujud pengabdian. Yang mulai dari tanggal 17 Juli sampai 20 Agustus 2019, dan selama itu telah dilakukan berbagai program kerja baik dari program kerja kampus maupun program kerja Desa dengan lancar tanpa adanya hambatan,”jelasnya.

Ditambahkan Bilson lagi, “dimana program kerja tersebut akan dipresentasikan nantinya di kantor Bupati Karo , jadi
harapan kami untuk kedepannya adalah adanya kegiatan lanjutan yang sama untuk menjaga dan meneruskan dari program kerja yang telah ada, dan adanya kemauan masyarakat untuk dapat ikut menjaga dan merawat Desa yang indah ini,”harapnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed