by

Persekusi Akibat Lemahnya Upaya Penegakan Hukum

Jakarta OLNews Indonesia, Masih lemahnya upaya penegakkan hukum di Indonesia membuat isi persekusi menjadi ramai belakangan ini.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan bahwa munculnya isu persekusi sebagaimana ramai belakangan ini, tak terlepas dari masih lemahnya upaya penegakkan hukum di Indonesia.

Ditambahkan Fadli Zon, Masyarakat menempuh cara dan modelnya sendiri demi mendapatkan keadilan karena Hukum tak berjalan atau hanya berjalan sesuai selera penguasa. Akibatnya, persepsi publik terhadap institusi penegak hukum semakin negatif.

Meski tindakan persekusi dapat dikategorikan sebagai pelanggaran hukum, namun pemerintah juga harus melihat hal tersebut sebagai bahan evaluasi dan introspeksi. Isu persekusi menurutnya bisa jadi gejala bahwa ada masalah dalam institusionalisasi hukum kita yang perlu dikoreksi. Apakah itu dari sisi aparatnya, budayanya, regulasinya, atau bahkan sistemnya.

Aparat penegak hukum agar tak bersikap reaktif dan tebang pilih terhadap kelompok yang melakukan tindakan persekusi. Dan jangan menjadi alat  untuk menekan balik kelompok-kelompok yang berseberangan dengan pemerintah

“Aparat harus tetap fokus pada upaya pembenahan penegakan hukum sebaik-baiknya. Jangan kemudian sibuk mengurusi isu persekusi, namun kasus-kasus hukum yang besar dan utama diabaikan,” ujarnya.

(Source:DPR RI)

Screen Shot OLNews Indonesia

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.