by

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Tahun 2019

Berita Tanah Karo, Online News Indonesia, Jumat (5/10)

Menjelang pesta demokrasi Pemilihan Umum secara serentak, pihak Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) Kabupaten Karo menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu dalam rangka pemilihan umum anggota DPD, DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di Hotel Green Orri Berastagi, Tanah Karo , pada Jumat (05/10) 2018.

Salah satu Peserta sosialisasi yang di gelar oleh Bawaslu Karo saat mengajukan pertanyaan seputar Pemilu, Jumat (05/10) 2018 di Hotel Grand Orri Berastagi
Salah satu Peserta sosialisasi yang di gelar oleh Bawaslu Karo saat mengajukan pertanyaan seputar Pemilu, Jumat (05/10) 2018 di Hotel Grand Orri Berastagi

Nggeluh sembiring SH, selaku Komisioner Bawaslu Kabupaten Karo membuka secara resmi kegiatan sosialisasi tersebut , yang mana beliau mengatakan, “Kegiatan itu bertujuan untuk memantapkan kesepahaman tentang proses tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2019. Kami dari Bawaslu mengajak kepada pemangku kepentingan, baik itu di pemerintahan maupun non pemeritah untuk bersama-sama mencegah terjadinya pelanggaran,” ujarnya .

Selain pencegahan terjadinya pelanggaran Pemilu, ia mengajak kepada stakeholder, terutama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan kepala desa untuk selalu bersikap netral dalam tahapan Pemilu. Sekaligus menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan sikap tersebut.

“Begitu juga dengan ASN yang banyak melakukan kegiatan politik praktis, padahal itu bukan tugasanya. Tugasnya adalah melayani masyarakat. Itu yang kita ingin sadarkan kepada ASN bahwa pelanggaran-pelanggaran sebelumnya tidak terulang lagi,” tegasnya .

Di tempat yang sama , Abraham Tarigan S.Sos komisioner sekaligus sebagai nara sumber Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten mengungkapkan, kegiatan serupa akan selalu digalakkan oleh pihak pengawas Pemilu. Tujuannya agar kualitas perhelatan demokrasi makin baik, terutama pada saat ini sudah di mulai masa kampanye, dalam hal ini agar kita sama persepsi dalam aturan aturan agar terhindar dari pelanggaran pelanggaran Pemilu.

“Pengawas Pemilu itu tidak bakalan berhenti untuk selalu mengingatkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak melakukan pelanggaran Pemilu. Mari jangan bosan-bosan kepada lapisan masyarakat untuk bersama sama tetap mengawasi agar semuanya berjalan sesuai Tupoksi masing masing”ujar Tarigan.

Sosialisasi tersebut, dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk Partai Politik, LSM, IPK,PP, Banser Ansor, PMS(Pemuda Merga Silima),Tokoh agama, para Camat dan pihak media serta lainnya .

(David )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.