by

Jubir Covid : Samosir Hingga Kini Masih Zona Hijau

Berita Samosir, OLNewsindonesia Kamis (4/6)

Pemerintah Kabupaten Samosir, melalui Dinas Kominfo, menginformasikan hingga hari ini, Rabu (3/6) Samosir masih zona hijau dari penyebaran COVID-19.

Berikut pres release Kominfo Kabupaten Samosir:,

Melansir https://covid19.go.id, per hari ini Rabu (3/6), tercatat penambahan kasus terkonfirmasi positif COVID-19 per hari ini Rabu (3/6) ada sebanyak 684 sehingga totalnya menjadi 28.233 orang. Kemudian untuk pasien sembuh menjadi 8.406 setelah ada penambahan sebanyak 471 orang. Selanjutnya untuk kasus meninggal bertambah 35 orang sehingga totalnya menjadi 1.698.

Data di atas menunjukkan bahwa daya infeksi masih tinggi secara nasional namun beragam di seluruh provinsi dan kabupaten/kota. Refleksinya, kita harus tetap waspada sambil mengubah gaya hidup berbasis protokol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh Pemerintah.

Dalam mencegah dan menangani pandemi COVID-19, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Samosir didukung oleh Kodim 0210 Tarutung, Polres Smaosir, DPRD Samosir, dan Kejaksaan Negeri Samosir telah (1) menjaga jalur masuk ke Samosir; (2) menyerahkan bantuan sosial natura untuk menyeimbangkan psikososial masyarakat; (3) disinfektanisasi ruang-ruang publik, (4) menyiapkan ruang isolasi di RSUD dr. Hadrianus Sinaga Pangururan, BLK Samosir, dan Hotel Maduma; (5) membentuk Satgas Ketahanan Pangan untuk menjamin ketersediaan, distribusi, dan kestabilan harga,(6) menindaklanjuti program Bantuan Sosial dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, dan bahkan desa sebagai jaring pengaman sosial, dan (7) memberikan bibit sayuran dan sarana produksi untuk menopang kebutuhan keluarga selama pandemi.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Samosir juga menyampaikan terima kasih kepada para masyarakat (pribadi/entitas) dan pemangku kepentingan lainnya atas bantuannya menangani dampak pandemi COVID-19 dalam bentuk pemberian Alat Pelindung Diri (APD) bagi para tenaga medis dan Sembako kepada masyarakat akibat sumber penghasilan untuk keluarga mereka.

Di samping itu, Pemerintah Kabupaten Samosir berterima kasih kepada para jurnalis yang telah memainkan peran jurnalistik yang menciptakan komunikasi publik yang sejuk dan mengedukasi masyarakat selama pandemi sesuai ketentuan protokol komunikasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Kiranya pada waktu-waktu mendatang, terutama sosialisasi kenormalan baru, marilah kita bersama-sama menciptakan kondisi komunikasi yang sejuk dengan satu kepentingan yaitu masyarakat yang tenang dan waspada serta dapat melakukan aktivitasnya dan aman dari COVID-19.

Pemerintah Kabupaten Samosir menyadari sepenuhnya di sana-sini masih terdapat kekurangan-kekurangan dan dengan semangat belajar dan kerja keras bukan tidak mungkin kita dapat melalui masa-masa sulit ini dengan membangun ketahanan kesehatan, informasi, pangan, sosial, dan bidang-bidang kehidupan lainnya.

Kiranya Tuhan tetap menyertai kita seluruh warga Samosir dalam menghadapi pandemi COVID-19 dalam kesatuan hati dalam tindakan.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.