by

Gedung Baru Uji KIR Kabupaten Karo Tahun Ini Akan Di Bangun Di Desa Bandar Tongging Merek

Berita Karo OLNewsindonesia,Senin(04/02)

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Kadishub Gelora Fajar SH, Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, Kepala PUPR Ir Paten Purba, Kabag Penum Caprilus Barus dan staf Dinas Perhubungan melakukan survei lokasi rencana pembangunan kantor uji berkala bermotor, Senin (04/02) 2019 pukul 13.30 WIB di Desa Bandar Tongging Kec. Merek.

Survei ini, menurut Gelora Fajar Kadis Perhubungan adanya surat kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat nomor AJ.402/3/DRJD/VII/2018 tentang persyaratan akreditasi unit pelaksana uji berkala kenderaan bermotor maka dimohonkan kepada 16 (enam belas) Daerah yang ada di Prov.Sumut salah satunya Kab.Karo yang melaksanakan pengujian kenderaan bermotor agar segera melengkapi persyaratan sesuai peraturan perundang undangan yang mengacu kepada Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

” Dituangkan pada pasal 122 ditegaskan pengujian kenderaan bermotor hanya dapat dilakukan oleh unit pengujian yang memiliki prasarana dan peralatan pengujian(Gedung Uji dan Alat Uji) yang akurat didukung oleh tenaga penguji yang memiliki sertifikat lompetensi penguji kenderaan bermotor, ” urai Gelora Fajar.

Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH tampak Berbincang serius bersama Kadishub, Kadis PUPR, dan Kepala Bappeda Karo dilokasi, Senin (04/02) 2019
Ket foto : Bupati Karo Terkelin Brahmana SH tampak Berbincang serius bersama Kadishub, Kadis PUPR, dan Kepala Bappeda Karo dilokasi, Senin (04/02) 2019

Nah, untuk memenuhi ini Dishub Kab . Karo belum memenuhi syarat diatas, hal ini pengujian berkala bermotor (KIR) sudah kami hentikan sementara tahun lalu (21/12) 2018 dan kita alihkan sementara untuk numpang uji sesuai yang kita mohonkan ke Dishub Kab . Dairi karena dinas tersebut sudah memenuhi persyaratan sesuai dengan ketentuan,” ungkapnya .

“Mudah mudahan lokasi yang kami tinjau ini, cocok dan menjadi perhatian bagi Bupati Karo , dan dapat segera saya ajukan kembali analisa estimasi rancangan anggaran biaya pengadaan alat uji dan anggaran pembangunan gedung uji di anggaran P-APBD nantinya melalui Bappeda, ” imbuh Gelora.

Menanggapi survei rencana lokasi yang akan dijadikan sebagai gedung uji KIR, saat meninjau di lapangan, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH sangat mengapreisasi lokasi tersebut, cocok sekali untuk dibangun kantor uji KIR Dishub Kabupaten Karo .

”Iya, tahun 2019 ini harus diprioritaskan dan harus sudah dapat dibangun ,kordinasikan dengan Dinas Pertanian Kab . Karo selaku pemilik lahan ini, tadi kan sudah diukur lebarnya 17 m sedangkan panjangnya 50 m, jadi Bappeda segera anggarkan besaran biayanya, ” ujar Terkelin disela sela meninjau bersama Kepala Bappeda.

Kasihan kita melihat masyarakat,yang jauh tinggal di desa mengeluarkan banyak uang akibat pengujian KIR harus keluar dari Kabupaten Karo, apalagi ke Dairi, nah ini harus dicermati dan usahakan tahun ini semua sudah clear dan clean, ” tegasnya.

Sementara Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi membenarkan,lokasi bandar Tongging ini layak untuk dibangun terkait sarana dan prasarana uji KIR, apalagi analisa estimasi rancangan anggaran biaya pengadaan alat uji dan anggaran pembangunan gedung uji di anggaran P-APBD, sudah ada di Bappeda, ” ungkapnya.

Disinggung untuk jumlah biaya yang harus ditampung dalam anggaran P-APBD dalam menyiapkan gedung uji KIR serta alatnya sampai dapat beroperasi, Nasib Sianturi menyebutkan bangunan gedung tadi kita taksir menelan biaya 17 m x 50 m, sebesar 1 milyrad, sedangkan pengadaan alatnya berkisar 5,9 miliyard, ” kata Sianturi.

Lanjutnya Ini masih taksiran analisa, nanti saat pembahasan di P-APBD kita rampungkan semuanya sesuai data dan fakta, yang penting tahun ini Kab . Karo tidak akan menumpang uji KIR lagi kedaerah lain, ” pungkasnya.

(David)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.