by

Enam Komunitas Serahkan Bantuan Peduli Masyarakat Terdampak Erupsi Sinabung Di Desa Batukarang 

Tanah Karo – OLNewsindonesia. Minggu (4/03)

Letusan besar Gunung Sinabung, yang terjadi pada 19 Februari lalu, sehingga ratusan desa dari beberapa kecamatan di Kabupaten Karo, di terjang abu vulkanik. Sehingga petanipun di pastikan gagal panen, karena sebagian besar areal lahan pertanian di sekitar Sinabung di tutupi abu vulkanik.

WhatsApp Image 2018-03-04 at 20.34.49

Hal itu menarik perhatian dari berbagai  komunitas untuk berbagi, melalui aksi sosial, yakni, komunitas Bikers Perdagangan Sumut ,Tanah Tinggi (Sumbar)   Peduli Alam Sumut,  Masyarakat Langkat,  Pemuda Muslim Indonesia,  Siapa Dia Hotel Siantar, Bikers Tour Raya, Minggu (4/3) di Desa Batu karang, Kecamatan Payung, Kab Karo, Sumatera Utara.

Ada pun bantuan yang diberikan kepada warga desa Batukarang,  berupa sembako, pakaian bekas,  alat tulis,  buku,  serta mengadakan kegiatan dengan  memberikan  pendidikan mental juga penghiburan kepada anak TK,  SD, SMP di desa Batukarang oleh gabungan mahasiswa dari Komunitas Peduli Alam Sumut. Kehadiran enam komunitas itu, disambut baik oleh Kepala Desa dan masyarakat.

Suasana acara penyerahan bantuan sosial kepada warga batu karang, yang dilaksanakan dibalai desa (Jambur)
Suasana acara penyerahan bantuan sosial kepada warga batu karang, yang dilaksanakan dibalai desa (Jambur)

Kepala Desa Batukarang, Roin Andreas Bangun,  mengucapkan banyak terima kasih kepada para komunitas yang sudah mau menyempatkan meringankan langkah untuk berbagi yang  datang jauh – jauh ke desa nya.

“Kami masyarakat desa Batu karang akan selalu  mendokan supaya kiranya kebaikan para penyumbang di balas oleh Tuhan Yang Maha Esa bahwa kepedulian teman – teman sangat membantu warga kami,” ungkapnya Kades Batu Karang

Frans Maradona Bangun, yang menjabat sebagai perangkat desa,  menjelaskan kepada para penyumbang yang datang ke desanya pada tanggal (03/03) dan (04/03) bahwa desanya mengalami kerugian akibat letusan gunung sinabung.

“Memang kami tidak mengungsi serta desa ini terlihat baik baik saja secara sepintas kita melihat maka jarang sekali para donatur datang kesini padahal kami sangat butuh bantuan,  dampak yang kami alami sama dengan desa sekitar tapi penyumbang sangat minim maka tolong lah sampaikan kepada teman teman agar memperhatikan kami baik kepada pemerintah Kabupaten Karo ” ujarnya.

Tanaman warga belum seutuhnya bisa di sentuh semenjak adanya letusan besar kemarin,  tidak ada yang bisa kami kerjakan saat ini, Lanjut Frans,  ” lihat ladang kami sebagian besar gagal panen juga kami belum bisa menanam kembali menunggu sampai semua nya stabil dulu jelasnya didepan rombongan komunitas.

Desa Batukarang Kecamatan Payung Kabupaten Karo dengan jumlah 1.700 Kepala Keluarga (KK) merupakan salah satu desa yang kena dampak letusan gunung api Sinabung di awal tahun 2018.

Ketua Bikers,  Perdagangan Agung Putra di dampingi bendahara nya,  Samuel,  mengatakan semoga ini bisa bermanfaat dan amanah berharap bisa meringankan beban warga.

Ditambahkan, Ketua Peduli Alam Sumut,  Zack Tarigan di dampingi oleh kordinator pelaksana Nurul Sahira menyampaikan, pihaknya berharap semoga luka dan rasa trauma yang di alami warga khusunya anak anak akibat letusan sinabung bisa berkurang,” kami sudah memberikan yang terbaik yang kami punya tak ada lain tujuan kami hanya untuk saling bahu mambahu antar sesama saudara, Menandakan bahwa kami juga ikut merasakan apa yang bapak ibu rasakan saat ini, “Ujarnya,  dilanjutkan pembaca puisi, ‘Sinabung’ oleh salah satu pelajaran siswa SMP didepan para komunitas, sehingga suasanapun menjadi hening dan merinding.

(Dasa)  

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.