by

Sekolah Politik DPW Perindo Jawa Barat “GAGASAN MEMBANGUN KEPEMIMPINAN PRESPEKTIF KEARIFAN LOKAL “

BANDUNG, Sekolah Partai PERINDO DPW. Provinsi Jawa Barat, pada Selasa 2 Mei 2017 di kantor DPW Perindo Jawa Barat di Bandung sesion Minggu ini mengusung tema strategi pembangunan daerah dgn mengoptimalisasikan potensi lokal dan kearifan lokal sebagai Narasumer H. Memet H. Hamdan SH. M. Sc.

Ade Wardhana Adinata ( Kang AW ) selaku Ketua DPW Perindo Jabar sekaligus Calon Bupati Kabupaten Bogor berharap dengan di hadirkan tema tersebut khususnya nya para kader Perindo dan umumnya Masyarakat mampu memahami , Menggali dan menanamkan kembali kearifan lokal secara inheren , kembali pada basis nilai budaya daerahnya sendiri sebagai bagian upaya membangun identitas suatu daerah, yang memiliki korelasi menciptakan langkah-langkah strategis dan nyata dalam memberdayakan dan mengembangkan potensi (sosial, budaya, ekonomi, politik dan keamanan) daerah secara optimal serta sebagai filter dalam menyeleksi berbagai pengaruh budaya dari luar.

Seluruh Peserta Sekolah Politik DPW Partai Perindo Jawa barat
Seluruh Peserta Sekolah Politik DPW Partai Perindo Jawa barat

H.Memet H.Hamdan lebih menekankan pada perspektif ( Pribadi ) kepemimpinan dalam konteks filosofi Sunda, Menurutnya ” Moal reugeuejeug ieu salila can di pimpin ku satria piningit, wujudna nyaeta, Budak angon, urang Gunung, bau lisung, ngancikna di birit Leuwi, jauh ka bedug , anggang ka dulag, imahna batu satangtung, dihateupan ku handeuleum, di tihangan ku hanjuang ” filosofi tersebut di jabarkan oleh Nara sumber sebagai salah satu bentuk kepemimpinan dengan perspektif kearifan lokal ( tatar Sunda ) bahwa kepemimpinan itu mempunyai kriteria : Penuh pengabdian, peka dan mengerti kondisi rakyatnya, mau bekerja keras ( berkeringat ) rela berkorban, penuh tanggung jawab, adil tanpa membedakan , taat beribadah, kreatif, inovatif demi kemaslahatan, rajin bersilaturahmi, mentalitas , ideologi, dan keimanan yang kokoh.

Jika filosofi tersebut di implementasikan maka pembangunan masyarakat akan terwujud dengan tetap mengindahkan kearifan lokal.

Kang AW menambahkan , filosofi ini sangat bagus dan wajib dilaksanakan oleh seluruh kader Perindo dalam bermasyarakat. ( Inonk )

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed