by

Ga Perlu Takut Makan Di Warteg. Berikut Tips Memilih Makanan Sehat di Warteg

Berita Bogor, Online News Indonesia (6/9).

Hampir di setip sudut kota maupun desa di Indonesia terdapat warung makan Tegal (Warteg). Meski tak menyeluruh, cita rasa masakan warteg sudah terakui kenikmatannya, sebab menu-menu yang ada biasanya kaya akan bumbu-bumbu yang enak di lidah, terlebih lagi harga yang bersahabat, lintas klas ekonomi. Oleh karena itu warteg tak pernah sepi pengunjung.

Wateg juga terkenal dengan menunya yan beraneka rupa. Sehingga tak jarang didapati makanandengan kandungan purin serta kolestrol tinggi. Tentu hal itu perlu kita waspadai agar bisa menghindari penyakit seperti asam urat, batu ginjal, bahkan penyakit jantung.

Namun tak perlu Ha watir, kita tetap bisa menikmati santapan lezat dan ekonomis namun dengan cara yang lebih cermat agar terhindar dari resiko penyakit. Berikut tips menu sehat yang bisa kamu nikmati di warteg.

1. Sayur

Daun singkong, terong, dan buncis sebaiknya jangan kamu lewatka. Sayuran ini sangat diperlukan untuk asupan serat dalam tubuh. Namun hindari sayuran yang terlalu banyak disiram kuah gulai santan.

2. Perkedel
Perekedel, menjadi salah satu menu yang sudah lazim di warteg. Rsanya lezat dan empuk. Menu ini tidak perlu dicemaskan resikonya karena kandungan dalam kentang juga baik buat tubuh, hanya hendakanya diperhatikan perkedel yang kamu makan tidak mengandung minyak berlebihan.

3. Ikan

Jenis ikan yang dimasak di warteg biasanya ikan kembung, mas, bawal, tengiri, teri, dan lele. Agar tetap aman pilih ikan yang dipepes, digoreng tepung, atau dibakar dengan bumbu sambal.

4. Ayam

Sebagaimana ikan, ayam di warung makan juga tersedia dengan beragam bumbu, pada intinya sama, kurangi makanan yang banyak dilumeri kuah gulai.

5. Udang

Udang memupunyai kandungan protein yang tinggi. Cukup tepat untuk alternatif mengganti makan daging, namun jika kamu punya alergi dengan udang sebaiknya tidak perlu memilih menu ini.

6. Soto Padang

Mengurangi resiko menyantap kuah santan bisa dengan memesan soto padang. Biasanya soto padang akan disajikan dengan paru, tapi cobalah untuk tidak menyertakan paru. Cukup makan soto Padang isi bihun, tauge, daging, dan kerupuk.

7. Belut Goreng

Belut juga menyimpan sumber protein yang dibutuhkan tubuh, seperti omega 3 dan 6 dan asam amino. Belut bisa menjadi alternatif untuk mengganti menu jeroan. Demikian menu-menu sehat yang tidak perlu kamu khawatirkan resikonya jika sedang menyantap masakan warteg. Semoga bermanfaat. Tetap cintai masakan asli Indonesia.

(Man) 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed