by

Plt. Bupati Bogor Sebut Cijeruk Sebagai Sentra Bibit Durian

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Turun langsung menyapa masyarakat dan meninjau langsung hasil program pembangunan di wilayah Kecamatan Cijeruk, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor Halimatusadiyah Iwan kembali melakukan kegiatan rutin Bogor Keliling atau Saba Desa ke wilayah Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Dalam kesempatan ini, Plt. Bupati Bogor menegaskan bahwa wilayah Kecamatan Cijeruk akan dijadikan sebagai sentra bibit durian di Kabupaten Bogor, hal itu diungkapkan Plt. Bupati Bogor saat melakukan Boling di wilayah Kecamatan Cijeruk, pada Selasa (30/8/2022).

“Besarnya potensi pertanian durian di wilayah Kecamatan Cijeruk ini, bisa kita jadikan sebagai sentra durian seperti di Medan. Jadi kalau ada wisatawan yang datang ke Kabupaten Bogor ingin mencicipi durian bisa diajak ke Cijeruk,” ungkap Plt. Bupati Bogor.

Tambah Iwan Setiawan, tidak hanya potensi pertanian durian saja, pertanian lain juga cukup potensial seperti nanas, juga adanya rencana pembangunan rest area Cijeruk maka wilayah Cijeruk ini sangat potensial untuk dijadikan sentra wisata makan durian.

“Maka perlu pembinaan yang maksimal kepada para petani di Cijeruk ini, menuju petani modern dan petani millennial, agar mereka memiliki kemampuan yang baik tidak hanya dalam proses pertaniannya saja, tapi dari packaging, hingga pemasarannya juga baik,” terang Plt. Bupati Bogor.

Ditempat yang sama, Camat Cijeruk, Bangun Septa Siswa mengatakan, bahwa wilayah Cijeruk memiliki produk petani unggulan dan jadi primadona yakni durian. Beberapa daerah lain tidak sedikit yang mengambil bibit buah durian ke wilayah Kecamatan Cijeruk.

“Kalau daerah lain saja menanam dengan bibit dari kami, kenapa tidak kita coba menanamnya. Bahkan saya minta setiap warga bisa menanam minimal satu pohon durian. Alhamdulilah selain dari bibit kami juga menuai hasil dari buahnya,” ujar Camat Cijeruk.

Selanjutnya, perwakilan Kelompok Tani Muda Berkah Desa Palasari Kecamatan Cijeruk, Endang Supriatna menyatakan, sejak dekade 80-an pertanian bibit durian telah ada di Desa Palasari Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor. Seiring waktu, pertanian bibit durian semakin berkembang dan menjadi mata pencaharian masyarakat Kecamatan Cijeruk. Menurutnya saat ini pertanian bibit durian tersebar tidak hanya di Desa Palasari bahkan di beberapa desa wilayah Kecamatan Cijeruk.

“Alhamdulilah banyak pihak dari luar yang belajar kepada kami, salah satunya dari Majalengka. Di kesempatan yang baik ini, kami mohon bantuannya kepada Plt. Bupati Bogor untuk dapat mensupport pertanian kami. Baik dalam bentuk penjualan atau pemasarannya, kami sangat berterima kasih atas kehadiran Plt. Bupati Bogor ke wilayah kami, semoga bisa memicu semangat kami para petani agar bisa optimal dalam menghasilkan produk pertanian unggulan Cijeruk Kabupaten Bogor,” tutur Ending.

Untuk diketahui, Beberapa agenda kegiatan yang dilakukan Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan pada kegiatan Boling kali ini yakni, menyambangi Kelompok Tani Muda Berkah di Desa Palasari, Penyerahan STB (Set-Top Box) secara simbolis kepada warga Kecamatan Cijeruk, meninjau langsung rencana pembangunan rest area Desa Palasari sekaligus melakukan penanaman bibit pohon Durian Hitam dan alpukat.

Dalam kesempatan ini, Plt Bupati Bogor juga melakukan peninjauan langsung ke salah satu pelaku UMKM atau pengrajin sepatu dan sandal Tiara Shoes Desa Cipelang, dan pelaku UMKM atau pengrajin manisan pala di Desa Warungmenteng. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau langsung Gedung Olahraga Desa Cibalung, penyerahan bibit tanaman dan kambing kepada kelompok tani, serta melakukan pemberian vaksinasi kepada hewan ternak, lalu diakhiri dengan penyerahan secara simbolis bantuan sosial Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan bantuan UMKM di Desa Cijeruk.

(Deni)