by

Pj Gubernur DKI Sidak Kelurahan Penjaringan, Harapkan Optimalisasi Pelayanan Publik

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Kelurahan merupakan garda terdepan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Daerah dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berkomitmen melakukan optimalisasi pelayanan publik dengan mengedepankan profesionalisme kerja dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.

Hal ini disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Kantor Lurah Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (30/12) pagi. Saat sidak, Ia melakukan peninjauan layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Dukcapil (Kependudukan dan Pencatatan Sipil) yang diberikan kepada masyarakat sekitar. Kemudian, Pj Gubernur Heru beramah-tamah dengan petugas pelayanan, serta Lurah Penjaringan, Suharsono dan jajaran.

“Saya akan terus memeriksa dan memastikan kinerja, efektivitas, dan efisiensi di kelurahan maupun kecamatan pada semua wilayah, sebagai ujung tombak pelayanan publik Pemprov DKI Jakarta. Terima kasih atas dedikasi kinerja yang baik. Saya berharap terus tingkatkan kualitas pelayanan, hadirkan pula inovasi dan kreativitas dalam pelayanan publik yang prima, yang tentunya harus berorientasi pada kepuasan masyarakat di seluruh wilayah Jakarta,” ucapnya, dikutip dari Siaran Pers PPID DKI.

Usai meninjau layanan PTSP dan Dukcapil, Pj Gubernur menyapa dan berfoto bersama dengan petugas Satpol PP dan PPSU, serta berdialog dengan warga yang hadir untuk mengurus berbagai keperluan pelayanan. Salah satunya, Yani (49) yang tengah mengurus Akte Kelahiran untuk dirinya.

“Saya tinggal di Rawa Bebek, ke sini mau bikin Akte Kelahiran untuk sendiri. Akta saya sudah hilang. Alhamdulillah pelayanan di sini baik dan mempermudah warga sekitar mengurus banyak keperluan,” ungkap Yani.

Pada kesempatan yang sama, petugas pelayanan Dukcapil, Fahita (25 tahun) menyampaikan warga sekitar hadir ke Kelurahan Penjaringan untuk mendapatkan pelayanan urusan Dukcapil untuk berbagai urusan, seperti kepindahan domisili, pembuatan KTP baru/hilang/rusak, pembuatan Akte Kelahiran yang dewasa maupun baru lahir. Ia pun menyatakan pelayanan yang diberikan selalu diupayakan secara cepat, tepat, dan akurat sehingga warga merasa puas.

Ia menambahkan bahwa tantangan dalam bekerja biasanya terjadi saat ada kendala maintenance sistem layanan Dukcapil, atau permasalahan jaringan internet, sehingga membutuhkan waktu proses yang lebih lama. Namun para petugas pelayanan di Kelurahan Penjaringan selalu berusaha menjelaskan dan memberikan pengertian yang baik kepada warga, sehingga warga pun tidak merasa keberatan untuk menunggu prosesnya.

Sementara itu, Muhammad Budiman selaku Kepala Unit PTSP Kelurahan Penjaringan berharap, sarana dan prasarana di Kantor Lurah Penjaringan dapat ditingkatkan. Terkait optimalisasi digitalisasi layanan publik, para petugas pelayanan Kelurahan Penjaringan terus berupaya melakukan sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat sekitar untuk menghadirkan kemudahan dalam pelayanan publik.

Untuk informasi, usai melakukan sidak di Kantor Lurah Penjaringan, Pj Gubernur Heru bersama Camat Penjaringan, Devika meninjau sistem saringan sampah pintu air Sisi Selatan Waduk Pluit. Ia memastikan, saringan sampah ini dapat berfungsi dengan baik dan bermanfaat untuk menjaga pompa-pompa pengendalian banjir yang dioperasikan Dinas SDA DKI Jakarta.

210