by

Dua Mobil Trauma Healing Dimiliki BPBD DKI

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta saat ini miliki dua mobil trauma healing. Mobil tersebut akan dioperasionalkan awal Januari 2023.

Menurut Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji, pengadaan dua mobil trauma healing ini merupakan bagian dari layanan psikososial pascabencana yang akan melayani anak-anak dengan berbagai macam permainan menarik.

“Mobil trauma healing akan menghibur anak-anak dan lansia dari aspek psikologinya supaya tidak trauma berlarut-larut,” kata Isnawa, Jumat (30/12).

Dijelaskan Isnawa, mobil tersebut dilengkapi televisi layar datar yang menampilkan berbagai macam hiburan untuk anak-anak, serta satu ruangan konseling. Selain ittu, mobil ini juga membawa boneka yang dapat dibagikan kepada anak-anak penyintas bencana.

“Pengerahan mobil trauma healing nanti dilihat dari eskalasi bencana. Contohnya kalau besar seperti di Pasar Gembrong beberapa waktu lalu, itu bisa sampai satu pekan. Namun kalau intensitasnya tidak terlalu parah kami kerahkan satu atau dua hari,” terangnya.

Dikatakan Isnawa, selama ini pihaknya sudah memiliki personel yang bertugas untuk memulihkan trauma penyintas bencana. Mereka telah dilatih dasar-dasar trauma healing oleh psikolog.

“Kami juga kerjasama dengan Asosiasi Psikolog Jakarta, jadi kalau dibutuhkan lebih banyak psikolog kami bisa bersinergi langsung dengan asosiasi tersebut,” pungkasnya.

210