by

Cuaca Buruk,Penyaluran Listrik Di Wilayah Samosir  Alami Gangguan 

Berita Samosir, OLNewsindonesia,Rabu (31/3)

Sehubungan cuaca buruk (angin kencang/puting beliung) mengakibatkan kondisi kelistrikan di kabupaten Samosir mengalami gangguan dan belum pulih normal.

Hal ini disampaikan Kepala Cabang PLN kabupaten. Samosir, Jannu Marbun, kepada OLNewsindonesia.com, Rabu (31/3/2021).

Dengan gangguan cuaca buruk tersebut, terganggunya penyaluran listrik ke beberapa titik. ” Ada beberapa pohon tumbang seperti di Marlumba, Putri Lopian, Tamba, Aek Nauli, lumban suhi toruan, namun sudah diamankan”, ungkap Jannu Marbun.

Foto : Petugas PLN Cabang Pangururan Samosir, mengupayakan perbaikan kabel kabel yang sempet di beberapa tiang yang mengalami kerusakan akibat cuaca buruk. Rabu (31/1/2021)
Foto : Petugas PLN Cabang Pangururan Samosir, mengupayakan perbaikan kabel kabel yang sempet di beberapa tiang yang mengalami kerusakan akibat cuaca buruk. Rabu (31/1/2021)

Selain itu lanjut Jannu, peralatan listrik rusak (kabel lepas dari Pin) tepatnya di lokasi : Simp Siriaon, Simp 4 HKBP, Siantinganting, dan sekarang proses perbaikan. “Kabel dempet dan lepas dr pin di tower TM tano ponggol, juga Di Janji Martahan tiang tumbang, namun belum diperbaiki”, sebutnya.

Selain itu, 1 unit trafo rusak total di Bonan Dolok dan belum di ganti “Trafo di Bonan Dolok rusak total. Menunggu tekhnisi besok tiba, selanjutny akan diperbaiki”, ujar Jannu.

Sebelum kelistrikan normal di Samosir, pihaknya melakukan penyulang arus listrik melalui manual. “Kami melakukan manuver penyulang secara manual dengan penjumperan kabel hantaran udara, seperti di depan kantor PLN, Depan Bank Sumut.Tujuannya untuk memulihkan sementara kelistrikan, dan Kami upayakan segera menyelesaikan gangguan dan memulihkan kondisi listrik di kabupaten Samosir. Palingan lusa sudah normal”, tutup Jannu Marbun.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.