by

Rutan Negara Kabanjahe Panen Ikan Nila Metode Bioflok

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Kabanjahe Kabupaten Karo menggelar panen ketiga ikan Nila dengan metode bioflok. Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut Pembinaan Kemandirian Bidang Perikanan yang telah berjalan selama +- 3 Tahun bekerja sama dengan Koperasi Serba Usaha (KSU) Garuda Merah Putih, Senin (30/01. 2023) Pukul 09.30 WIB.

Panen ketiga dilakukan secara simbolis oleh Karutan Kabanjahe, Chandra Syahputra Tarigan, S.H, Kasubsi Pelayanan Tahanan Sastra Barus, Ka. KPR Kamsen Bangun S.H dan Pengurus KSU Garuda Merah Putih.

Terlihat Karutan dan jajaran memanen 2 kolam dari 5 kolam yang ada. “Ini merupakan pelatihan bagi Warga Binaan, bila mereka nanti kembali ke masyarakat ada ilmu yang bisa dikembangkan ,” terang Karutan Kabanjahe tersebut.

Dirinya menambahkan, pemeliharaan ikan dengan metode Bioflok sangatlah menguntungkan. Terutama dengan jenis ikan Nila. Selain perawatannya yang mudah, saat ini ikan tersebut sedang menjadi primadona sebagai ikan konsumsi.

Sastra Barus dalam kesempatannya mengucapkan terima kasih atas kontribusi dari KSU Garuda Merah Putih yang mendukung kegiatan Rutan Kelas II B Kabanjahe. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengasah keterampilan atau bakat yang dimiliki warga binaan dalam bidang pertanian maupun perikanan, sehingga suatu saat nanti keterampilan tersebut dapat berguna ketika kembali ke masyarakat.

(David)