by

1 Warga Pangururan Positif Covid-19, GTPP Samosir Ajak Warga Ikuti Protokol Kesehatan

Berita Samosir, OLNewsindonesia Senin (28/9)

Satu warga Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir saat ini terkonfirmasi atau positif Covid-19. Hal ini dilihat OLNewsindonesia
Com, Minggu (27/09) di Peta Pemantauan Sebaran Virus Corona-19 Kabupaten Samosir yang dibagikan di grup Kominfo Kabupaten Samosir.

Dalam keterangan tertulis GTPP Covid-19 Samosir menegaskan, tugas utama kita saat ini adalah menjaga yang sehat, mencegah infeksi, dan siapkan mitigasi. Tiga hal ini, tentu saja, didasarkan pada protokol kesehatan: jaga jarak, sering cuci tangan pakai sabun (hand sanitizer), jaga jarak interaksi, dan hindari kerumunan jika tidak perlu.

“Hingga saat ini, kita tetap bersyukur Samosir masih bebas dari penularan Covid-19 secara masif; namun demikian, kita tetap berupaya untuk menjaga yang sehat, mencegah infeksi, dan siapkan mitigasi manakala terjadi infeksi secara masif. Harapannya, kita tetap dapat mencegah dan menangani Covid-19 dengan baik yang mana masyarakat sehat dan bebas infeksi dan perekonomian berjalan seperti biasa,” tulis Rohani Bakara.

Menurutnya, seluruh pihak seharusnya memberi penekanan pada penjagaan anak-anak, para lansia, dan para penderita penyakit bawaan. Penekanan ini katanya dimaksudkan agar mereka terhindar dari infeksi Covid-19 sedapat mungkin dan, jika terinfeksi, mereka sangat rentan karena imunitas tubuh yang tidak begitu tinggi.

“Di rumah kita masing-masing, mari benar-benar jaga anak-anak, para lansia, dan penderita penyakit bawaan. Biarlah mereka lebih banyak beraktivitas di sekitar rumah dan jangan diikutkan dalam kerumunan-kerumunan, dan jika pun harus, mari perlengkapi mereka dengan protokol kesehatan secara ketat dan konsisten,” ujarnya.

Dilanjutkan, upaya jaga yang sehat dan cegah infeksi, untuk saat ini, hanya dapat dilakukan dengan protokol kesehatan secara ketat sedangkan mitigasi telah disiapkan oleh GTTP Covid-19 Samosir yang dikordinasikan oleh Dinas Kesehatan Samosir dan RSUD dr. Hadrianus Sinaga.

“Mari kita lakukan bagian kita masing-masing secara terus menerus. Bagian masyarakat adalah melaksanakan protokol kesehatan dan bagian GTPP Covid-19 adalah senantiasa siaga melaksanakan mitigasi manakala terdeteksi adanya infeksi Covid-19 di Samosir,” terangnya.

(JuntakStar/Polhut)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.