by

Camat Merdeka : RPJMDes Bertujuan Mewujudkan Perencanaan Pembangunan Desa Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pemerintahan Kecamatan Merdeka Kabupaten Karo menghadiri kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes), Desa Jaranguda Kecamatan Merdeka yang di gelar di Jambur (Aula) Desa Jaranguda yang dihadiri langsung oleh Camat Merdeka Binaria Surbakti, S. IP bersama jajaran, dan Kepala Desa Jaranguda Elisa Sinuraya, SH dan seluruh staff Desa serta BPD Desa Jaranguda, Pendamping Desa, Tokoh masyarakat, agama dan juga warga Desa, Senin (27/03.2023) sekira pukul 09.30 WIB.

Diketahui bahwa, RPJMDes merupakan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Desa untuk 6 (enam) Tahun ke depan. RPJMDes sendiri berasal dari usulan-usulan masyarakat pada musyawarah tingkat Dusun.

Camat Merdeka, Binaria Surbakti saat di konfirmasi mengatakan bahwa, kegiatan RPJMDes ini sangatlah penting untuk kemajuan Desa itu sendiri. RPJMDes ini suatu kebutuhan di Desa, sesuai dengan visi – misinya untuk menampung Aspirasi dari seluruh lapisan Masyarakat Desa dalam hal pembangunan Desa yang berkelanjutan untuk dapat pula meningkatkan taraf kehidupan masyarakat baik dari tingkat ekonomi maupun pembangunan fisik agar masyarakat kelak dapat menikmati hasil pembangunan itu sendiri,” ujarnya.

Lebih lanjut di sampaikan Camat Merdeka ini,” terkait kegiatan RPJMDes Desa Jaranguda tahun periode 2023 – 2029 ini, kita sangat mendukung sesuai dengan visi- misi nya. Karena kita ketahui ini yang pertama Desa Jaranguda mengadakan musyawarah atau RPJMDes dalam tahun ini, kita harapkan aspirasi – aspirasi dari warganya dapat terealisasi sesuai aturan yang ada dan tentu di utamakan program/usulan skala Prioritas,” kata Binaria Surbakti ini.

Ditambahkan Camat ini lagi, adapun beberapa tujuannya diadakan RPMJDes diantaranya, mewujudkan perencanaan pembangunan Desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan keadaan setempat, menciptakan rasa memiliki dan tanggungjawab masyarakat terhadap program pembangunan Desa dan memelihara serta mengembangkan hasil-hasil pembangunan di Desa itu sendiri,” terang Camat yang ramah ini.

Adapun warga masyarakat Desa Jaranguda tersebut yang menghadiri dari setiap Dusun yang ada di Desa Jaranguda, dimana ada berjumlah 4 (empat) Dusun yang didominasi para Orang Tua hadir untuk memberikan aspirasi ataupun masukan masukan persetiap Dusun – Dusun yang telah diwakilkan masing-masing dalam RPJMDes ini.

(David)