Pemkab Karo Kerahkan Alat Berat Untuk Perbaikan Jalan Desa Cerembu

Berita Karo.OLNwsindonesia,Selasa(27/11)

Desa Cerumbu Kec. Mardingding Kab. Karo adalah sebuah desa yang sangat jauh dari inti kota Kabanjahe, dimana menuju Kec . Mardingding saja cukup memakan waktu yang jaraknya 95 KM , belum lagi dari desa Mardingding menuju desa Cerumbu yang melewati medannya sangat berat, dalam hal infrastrukturnya berupa akses jalan menuju desa Cerumbu membutuhkan waktu berjam jam supaya dapat tiba di desa Cerumbu.

Itu pun, kendaraannya harus menggunakan jenis Hartop gerdang dua , jika tidak jangan harap akan sampai di desa Cerumbu, sebab warga desa Cerumbu transportasinya sudah tertentu dari desanya menuju desa Mardingding, baik mengangkut hasil pertanian dan kegiatan warga lainnya, “Hal ini dikatakan Juspri Nadeak Camat Mardingding saat menelusuri desa Cerumbu, bersama rombongan Senen (26/11) 2018 pukul 10.00 WIB .

Ket foto  : Pihak pemerintahan desa  saat memantau  jalan yang rusak parah menuju desa Cerumbu.
Ket foto : Pihak pemerintahan desa saat memantau jalan yang rusak parah menuju desa Cerumbu.

Disebutkan Juspri, alasannya mendatangi desa Cerumbu menyikapi instruksi Bupati Karo kepada saya dan dinas terkait lainnya (23/11) 2018 untuk mengecek kelapangan terkait keluhan warga desa Cerumbu menyangkut akses jalan, agar Pemkab Karo memperhatikan dan membantu perbaikan, jika memungkinkan anggaran daerah APBD Karo sebagian disisihkan ke desa Cerumbu,” kata Juspri mengulangi perkataan warganya dilokasi dengan didampingi David Girsang Kasi peningkatan prasarana jalan, Samuel perangin-angin, Staf Peningkatan jalan,Honest Karo Karo, S.Pt
Kasi Perdagangan dan Permodalan Ekonomi Desa, Fhilos Gurki Staf kasi perdagangan, PLN cabang T. Binanga Kasim Ginting.

Bupati Karo Terkelin Brahmana melalui Juspri Nadeak Camat Mardingding mengatakan sebagai hasil kesepakatan bersama warga terkait akses jalan yang selama ini disorot banyak kalangan masyarakat, LSM, akhirnya ditemukan solusi dan sepakat bersama warga
penanganan sementara 5(lima) point yaitu :

1. Warga dusun cerumbu bersedia bergotong royong mengerjakan pemasangan batu secara berkelompok dan terjadwal dikordinir Kades Kutapengkih tanpa upah kerja. 2. Material batu disumbangkan oleh warga Cerumbu yang di lahan pertaniannya terdapat material dimaksud. Perkiraan kebutuhan 1000 kubik untuk jalan sepanjang 1,5 km, lebar 3 meter.
3. Mobilisasi material dari sumber ke lokasi pekerjaan dilakukan dengan kendaraan milik anggota masyarakat Cerumbu dan Kutapengkih tanpa biaya sewa, Bahan bakar ditanggung pemerintah desa. 4. Dinas PU Karo bersedia menurunkan alat berat yang bersesuaian untuk pekerjaan tersebut termasuk bahan bakar dan operatornya. 5. PLN Tigabinanga menyatakan sudah siap memintakan pemasangan jaringan listrik ke Lisdes manakala jalan dapat dilalui. Laporan selengkapnya secara tertulis kami kirimkan menyusul,”Urai Juspri.

Mudah mudahan dengan adanya progres dan kerjasama warga Cerumbu dengan Pemda Karo, maka diharapkan dalam waktu dekat ini semua akan dikerjakan sebab sudah menjadi prioritas, karena warga sangat mengharapkan perbaikan jalan segera dapat terealisasi,” harap warga kata Juspri menambahkan .

(David)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *