by

Secara Virtual, Wakil Bupati Bogor Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke -26

Berita Bogor, Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan hadiri Peringatan Ke XXVI Hari Otonomi Daerah Tahun 2022 secara virtual dengan Kemendagri RI yang berlangsung di Ruang Rapat I Setda Kabupaten Bogor, Senin (25/4/22). 

Dengan mengusung tema, “Dengan Semangat Otonomi Daerah Kita Wujudkan ASN Yang Proaktif dan Berakhlak Dengan Membangun Sinergi Pusat dan Daerah Dalam Rangka Mewujudkan Indonesia Emas 2045”.
Secara virtual, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri, Suhajar Diantoro mengungkapkan, sejak ditetapkannya 25 April sebagai Hari Otonomi Daerah pada 1996 lalu, 26 tahun lalu, otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan bertambahnya Pendapatan Asli Daerah, dan kemampuan fiskal daerah.

“Saya apresiasi dan terima kasih kepada daerah-daerah otonomi baru yang telah berhasil meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kemampuan fiskalnya. Kami berharap peningkatan itu bisa dimanfaatkan untuk program-program pembangunan dan kesejahteraan rakyat, sehingga IPM meningkat, kemiskinan turun dan  meningkatkan konektivitas serta akses infrastruktur yang baik,” beber Suhanjar.

Suhanjar menghimbau, bagi daerah yang masih rendah PAD-nya agar melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah, serta meningkatkan PAD. “Di sinilah ujian seluruh kepala daerah se-Indonesia, sekaligus pembuktian, kemampuan kepemimpinan untuk menangkap peluang yang ada,” tuturnya.

Masih kata Suhanjar, Kepala Daerah harus intensif memonitor stabilitas harga pangan dan energi di daerahnya dengan melakukan langkah-langkah yang cerdas untuk menjaga stabilitas harga-harga tersebut. Bahkan kini tiap daerah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah, didasarkan pada Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 511.2/3149/SJ tentang Pembentukan Satuan Tugas Ketahanan Pangan di Daerah tanggal 14 Mei 2020.

“Untuk itu, saya berharap agar Kepala Daerah mengendalikan penuh Satgas Pangan di wilayahnya masing-masing secara intensif,” katanya.

Ia juga berharap momentum Hari Otonomi Daerah 2022 ini dapat menghasilkan tujuan otonomi daerah di semua daerah sesuai yang dicita-citakan, serta mampu  menjaga stabilitas harga sehingga tidak terjadi inflasi yang dapat memberatkan rakyat Indonesia.

“Selamat memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-26. Dengan semangat otonomi daerah kita wujudkan Aparatur Sipil Negara yang proaktif dan berakhlak dengan membangun sinergi pusat dan daerah dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045,” imbuhnya. (Tim Komunikasi Publik/Diskominfo Kabupaten Bogor)

(Deni)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.