Sebanyak 21 Desa Di Kabupaten Samosir Masuk Daftar PPKB Dalam Pencanangan Kampung KB

Berita Samosir.OLNewsindonesia,Senin (26/11)

Sebagaimana diamanahkan dalam UU Nomor 52 tahun 2009, tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga sebagai dasar pelaksanaan program Badan Kependudukan dan Keluaga Berencana Nasional (BKKBN), pemerintah kabupaten Samosir, melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (PPKB) kabupaten Samosir, melaksankan 21 pencanangan kampung Keluarga Berencana (KB) di 21 desa.

Diantara ke-21 desa Pencanangan kampung KB tingkat kabupaten Samosir tahun 2018, hari ini di Desa Hariara Pohan, pencanangan kampung KB oleh wakil Bupati Samosir Ir.Juang Sinaga berjalan sukses dan baik, Senin (26/11) di dusun 3 desa Hariara Pohan kecamatan Harian Samosir Sumtera Utara.

Turut hadir wakil Bupati Samosir, Ir.Juang Sinaga, Kepala Badan BKKBN Samosir Managam Togatorop, Stah ahli Bupati bidang pemerintah dan Politik Jaingot Banjarnahor, Camat Harian, Kepala Desa Hariara Pohan, Piatur Sihotang, perangkat desa, ibu ibu PKK, tokoh adat, agama serta masyarakat desa hariara pohan.

Foto : Pemotongan Pita oleh Wakil Bupati Samosir, Ir.Juang Sinaga pada peresmian kampung KB di Dusun 3 Desa Hariara Pohan kecamatan Harian Samosir
Foto : Pemotongan Pita oleh Wakil Bupati Samosir, Ir.Juang Sinaga pada peresmian kampung KB di Dusun 3 Desa Hariara Pohan kecamatan Harian Samosir

Dalam laporannya, Kepala dinas PPKB Samosir Managam Togatorop menyampaikan, kampung KB suatu program KB secara terpadu, dan komprehensip ditingkat desa/kelurahan, yang konsepnya memadukan program KB dengan program pembangunan lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain sebagainya.

Untuk tahun 2018, pemerintah kabupaten Samosir Sumatera Utara, melalui kepala dinas PPKB Samosir melaksanakan pencanangan kampung KB di 21 desa se-kabupaten Samosir, bebernya.

Pada kesempatan yang sama, wakil Bupati Samosir, Ir.Juang Sinaga dalam arahannya menyampaikan, bahwa pencanangan kampung KB merupakan cara untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas serta kesejahteraan masyarakat melalui kampung KB.

Lanjut Juang Sinaga, yang juga ketua PMI kabupaten Samosir menjelaskan, setiap ibu melahirkan akan mengeluarkan 300cc darah, sehingga untuk mengembalikan normal darah , perlu asupan gizi yang baik pada si ibu tersebut, “aturlah jarak kelahiran anak, agar kelak menghasilkan anak yang cukup gizi” ucapnya.

Juang menambahkan, Sekarang Samosir lagi berbenah, mari bersama sama kita membangun Samosir, seperti ketahanan keluarga, sifat ramah tamah sesama, sapta pesona dilingkungan tempat tinggal masing masing, peduli, dan lain sebagainya, merupakan hal yang terkecil dalam membangun Samosir. Untuk itu, marilah kita dukung bersama menu Samosir Bangkit,Mandiri, dan Sejahtera, yang berbasis Pariwisata dan Pertanian, ajak nya.

Foto : Wakil Bupati Samosir, Ir.Juang Sinaga bersama Camat, sekcam Harian dan Kepala Desa Hariara Pohan, foto bersama para Lansia dan masyarakat Hariara Pohan, disela peresmian kampung KB.
Foto : Wakil Bupati Samosir, Ir.Juang Sinaga bersama Camat, sekcam Harian dan Kepala Desa Hariara Pohan, foto bersama para Lansia dan masyarakat Hariara Pohan, disela peresmian kampung KB.

Kita sambut lah pembangunan yang diberikan pemerintah pusat ke kabupaten Samosir, lebih dari 2 trilun rupiah besarnya dana untuk pembangunn di Samosir, sehingga kita syukuri kepada Tuhan atas itu semuanya, ujarnya mengakhiri.

Pantauan OLNewsindonesi.com dilokasi acara, tampak para ibu lansia desa hariara pohan menghibur suasana pencanangan kampung KB dengan berbagai jenis tari tarian senam dengan bermusik disco remix.

Berikut pencanangan kampung KB di 21 desa oleh dinas PPKB kabupaten Samosir adalah sebagai berikut :
1. Desa Parhorasan, Pangururan
2. Desa Salaon Dolok, Pangururan
3. Desa Sabungan Nihuta, Ronggur Nihuta
4. Desa Maduma, Simanindo
5. Desa Huta Ginjang, Sianjur Mula – Mula
6. Desa Sianjur Mula – Mula
7. Desa Bonan Dolok, Sianjur Mula-Mula
8. Desa Hasinggaan, Sianjur Mula-Mula
9. Desa Singkam, Sianjur Mula-Mula
10. Desa Hariara Pohan, Harian
11. Desa Tamba Dolok, Sitiotio
12. Desa Holbung, Sitiotio
13. Desa Hutaginjang, Palipi
14. Desa Hutadame, Palipi
15. Desa Sideak, Palipi
16. Desa Pamutaran, Palipi
17. Desa Hutaririt, Nainggolan
18. Desa Janji Marapot, Nainggolan
19. Desa Pananggangan I
20. Desa Pananggangan II
21. Desa Rina Bolak, Onan Runggu

(JuntakStar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *