by

Apakah Buku Manual Sekolah Sudah Tersedia Di Kabupaten Samosir..?

 

Samosir.Olnewsindonesia,Sabtu (26/05)

Di Kabupaten Samosir Sumatera Utara, Buku Manual Sekolah Sudah Tersediakah…???,
Jika kita membeli satu Laptop baru, maka kita akan mendapatkan manual tentang laptop tersebut dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Sekilas, manual tersebut akan mengarahkan kita untuk mendapatkan gambaran, bagaimana spesifikasi dan cara penggunaan dasar dari laptop tersebut.

Hal yang sama juga tersedia dengan produk-produk lainnya. Jika dikaitkan dengan pengelolaan sekolah, maka sesungguhnya sekolah juga harus memiiki manual tentang sekolah tersebut, agar orang membutuhkan informasi tentang sekolah dapat memperoleh gambaran tentang operasional dan tujuan sekolah, yang dapat dipedomani oleh pengguna informasi internal dan eksternal.

Secara rinci, manual sekolah tersebut mencakup Keuangan, Kurikulum, Penerimaan Peserta Didik Baru, Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Rencana Kerja Jangka Menengah dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah, Sarana Prasarana, dan Supervisi, dan Audit Mutu Sekolah.

Cakupan ini disiapkan pada tahun pembelajaran baru. Sehingga, sedikitnya, berdasarkan rencana dan garis-garis arahan, sekolah dapat berjalan secara baik dalam daya upayanya mencapai visi dan misi sekolah.

Tentu saja, para kepala sekolah dituntut untuk memiliki kemampuan manajerial yang baik untuk menyiapkan itu semua. Atau sedikitnya, dalam perekrutan kepala sekolah, kompetensi untuk menyiapkan ini merupakan syarat utama dalam mengelola sekolah. Kompetensi ini harus benar-benar dimiliki para calon atau kepala sekolah yang sudah dihunjuk.

Sesungguhnya, tersedianya manual sekolah ini akan memudahkan para kepala sekolah untuk mengetahui apa, dimana, kapan, siapa, bagaimana, dan mengapa sekolah dikelola.

Dari tataran teori hingga tataran praktis, manual ini akan membantu para pengelola sekolah untuk berkreasi dan berinovasi dalam praktik-praktik baik (good practices). Di samping itu, para pengelola sekolah juga gambaran kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan bahkan tahunan yang telah disusun bersama dengan seluruh warga sekolah. Manual ini dapat dijadikan pegangan baik oleh pihak internal maupun eksternal.

Foto : Saut Marasi Manihuruk, S.Pd, Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Samosir.
Foto : Saut Marasi Manihuruk, S.Pd, Sekretaris MKKS SMP Kabupaten Samosir.

Fakta lapangan menunjukkan bahwa belum semua sekolah dilengkapi dengan manual ini. Ini berarti perlu ada kebijakan dan regulasi agar setiap sekolah memiliki manual ini sebagai bahan dasar akuntabilitas pengelolaan sekolah secara profesional. Alur berpikirnya cukup sederhana, jika manual ini tidak dilengkapi secara ideal, maka pengelolaan sekolah itu tidak akan berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Namun demikian, berdasarkan fakta di atas, para pembuat kebijakan dengan para pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak, perlu merekomendasikan pelatihan-pelatihan yang intensif bagi para calon atau kepala sekolah, agar pengelolaan sekolah yang profesional dan modern dapat dilaksanakan dengan baik.

Dan jika mereka dipandang sudah cakap dan layak untuk itu, maka mereka diberi kesempatan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah. Jika demikian halnya, maka sekolah tersebut dapat dikelola secara baik sesuai tujuan pendidikan nasional yang telah ditetapkan.

Beberapa tahun sebelumnya, Professional Development for Education Personnel (ProDEP) dari Australia dan USAID Prioritas juga telah melatih para calon dan kepala sekolah, untuk melengkapi manual sekolah itu dalam kurun waktu beberapa tahun.

Ini dapat dijadikan dasar bagi pembuat dan pengelola kebijakan di bidang pendidikan untuk merefresh apa yang sudah dilatihkan sebelumnya. Akan tersedia manual yang dapat dipertanggungjawabkan baik secara teoritis dan praktis oleh para kepala sekolah.

Kiranya ini menjadi bahan refleksi bagi para kepala sekolah, untuk menyediakan manual sekolah, agar menjadi panduan dasar bagi seluruh aktivitas di sekolah. Jika belum, maka ini saatnya untuk menyiapkannya. Jika sudah, ini juga saatnya untuk menyempurnakannya menjadi praktik terbaik (best practice) bagi sekolah-sekolah lain. Kiranya ke depan buku manual ini sudah tersedia di sekolah-sekolah kita masing-masing. Semoga ….!

Oleh : Saut Marasi Manihuruk, S.Pd.
Sekretatis MKKS Kabupaten Samosir

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.