by

Capai Rp 131 Juta Omzet Jumat Beli Lokal Dinas KPKP

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Program Jumat Beli Lokal Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta berkolaborasi dengan Tokopedia pada 21-23 September 2022 berhasil menghasilkan omzet sebesar Rp 131.191.959. Sebanyak 1.568 produk dari 115 UMKM laku terjual pada kegiatan tersebut.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, tercatat ada 319 transaksi dalam kurun waktu tiga hari. Calon konsumen sudah dapat membeli produk-produk UMKM pada Rabu (21/9) dan Kamis (22/9) melalui Jakpreneur Official Store di marketplace Tokopedia.

Sedangkan live shoping Jumat Beli Lokal yang ditayangkan melalui Instagram Live di @jakpreneur dan live shopping di Tokopedia Play berlangsung Jumat (23/9) pukul 10.00-11.00.

Live shopping semakin meriah karena mengundang bintang tamu musisi Dik Doank dan pelaku UMKM yang kini bergabung dengan Jakpreneur, Sherrin Tharia.

“Dalam tiga hari omzetnya mencapai Rp 131 juta lebih. Kami mengapresiasi seluruh pihak yang berpartisipasi mendukung kebangkitan UMKM, khususnya Jakpreneur sebagai roda penggerak perekonomian di Jakarta,” ungkap Eli, Sabtu (24/9).

Eli menjelaskan, program Jumat Beli Lokal selain sebagai upaya untuk meningkatkan akses pemasaran produk UMKM, juga selaras dengan misi UMKM go digital, karena diselenggarakan di berbagai media sosial dan platform belanja digital.

Produk yang ditawarkan pada Jumat Beli Lokal merupakan produk unggulan yang diproduksi para Jakpreneur di seluruh wilayah Jakarta.

Berbagai pilihan produk dihadirkan mulai dari makanan, minuman, tanaman hias, bunga anggrek, aquascape, pakaian, hingga kriya.

“Melalui Jumat Beli Lokal, Pemprov DKI Jakarta mengajak masyarakat untuk mendukung para pelaku UMKM. Dengan adanya promosi dan pemasaran seperti ini akan berpengaruh positif pada peningkatan produksi, pendapatan, bahkan mutu produk unggulan Jakpreneur,” tandas Eli.

Perlu diketahui, Jumat Beli Lokal merupakan upaya kolaboratif Pemprov DKI Jakarta dalam pengembangan UMKM di Jakarta yang mempertemukan produsen dan pasar dalam satu platform virtual mengadaptasi konsep live shopping.

Jumat Beli Lokal menghadirkan beragam produk unggulan Jakpreneur yang diadakan setiap hari Jumat. Semua calon konsumen yang berpartisipasi ditawarkan berbagai produk mulai dari kuliner, tanaman hias, fesyen, hingga kriya dengan harga spesial.

210