Bawaslu Karo Gelar Sosialisasi Layanan Hubungan Masyarakat Dengan Insan Pers

Berita Karo, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karo laksanakan sosialisasi Layanan Hubungan Masyarakat dan Informasi Bawaslu Karo, kepada media massa/Insan Pers di Kabupaten Karo, yang di gelar di Aula Hotel Suite Pakar Desa Raya Berastagi, Jum’at (22/12.2023) sekira pukul 13.40 WIB.

Ketua Bawaslu Karo, Gemar Tarigan ST, mengatakan,” kami menyadari berhasil tidaknya suatu proses terutama kegiatan pengawasan itu sedikit banyak dipengaruhi oleh sudut pandang media yang melihatnya. Jadi kami memahami kekuatan media itu, maka kita di sini lakukan kegiatan ini sebagai Mitra Bawaslu dan untuk ajang silaturahmi kita seperti sebelum – sebelumnya yang telah kita lakukan,” ucap Gemar Tarigan ini.

Disamping sosialisasi dengan media ini, Ketua Bawaslu mengajak wartawan berdialog seputar kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh pihak Bawaslu diantaranya terkait tahapan waktu kampanye, yakni menyampaikan Kampanye rapat umum dan di Medsos, mulai tanggal 21 Januari sampai dengan 10 Pebruari 2023, Kampanye di Medsos maximum 20 per aplikasi/Parpol, dan untuk Kampanya pemasangan APK (baliho, spanduk dan umbul – umbul) dan penyebaran bahan Kampanye (stiker, brosur, liflet, baju, topi dll).

Gemar Tarigan kembali mengatakan, bahwa untuk perekrutan Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) di TPS di mulai pada tanggal 2 hingga 6 Januari 2023, yang dibutuhkan satu orang per TPS (Tempat Pemungutan Suara) dimana jumlah TPS keseluruhan ada berjumlah 1217, jadi bagi yang berminat silahkan mendaftarkan diri ke PKD (Panwaslu Kelurahan Desa)/Pengawas Desa ataupun Kelurahan,” terang Gemar.

Tidak berbeda jauh dengan salah satu Komisioner Bawaslu Karo, Oda Kinata Banurea mengatakan,” Kami menyadari teman teman Wartawan itu adalah alat kontrol dan mata telinga dalam kegiatan Bawaslu dalam pelaksanaan Pemilu sekaligus pencegahan di dalam kesalahan yang ada, dan teman teman media ini juga sebagai perpanjangan tangan ke masyarakat, khususnya setiap kegiatan Bawaslu. Tentunya kami menyadari kehadiran teman media sangat berperan dalam memberikan informasi yang belum diketahui oleh masyarakat terkait aturan/kegiatan Bawaslu tentang aturan Kampanye,” ucap Banurea.

“Intinya kita akan tetap bersinergi dengan teman teman wartawan, agar pertemuan ini pertemuan yang baik agar kedepannya lebih baik lagi bersama rekan media, artinya masukan dari teman media sangat kami apresiasi, dan terimakasih atas kerjasamanya” ujar Banurea, yang membidangi Kordiv P3S ini sembari memberikan paparan tentang kesalahan ataupun pelanggaran pelanggaran sekaligus pencegahan di masa – masa Kampanye serta terkait Undang Undang Pidananya.

Kegiatan tersebut dihadiri seluruh Mitra Bawaslu Karo, yakni dari para insan pers dari berbagai media, diantaranya media online, Cetak, dan elektronik serta jajaran Bawaslu Karo.

(David)