by

Kapal Motor RRM Terdampar Di Perairan Danau Toba,4 Korban Selamat 1 Hilang

Nainggolan,Olnewsindinesia,Sabtu (23/06)

Kapal Motor Ramos Risma Marisi (KM.RRM), terdampar diperairan Danau Toba Nainggolan, berisi 5 penumpang, 4 selamat dan 1 orang belum ditemukan, Jum’at (22/06) sekira pukul 19.30 Wib.

Berikut Kronologis terdamparnya Kapal Motor Kayu Ramos Risma Marisi tujuan Muara Kab.Taput Ke Nainggolan Kab.Samosir, yang dikirim melalui pesan seluler WhatsApp oleh Camat Nainggolan, Drs.Barisan P Manullang kepada OLNewsindonesia.com. Sabtu (23/06)

Pada hari Jum’at (22/06) sekira pukul 17.30 Wib, Kapal kayu Motor Ramos Risma Marisi yang dikemudikan Jospendi Lumbanraja Als pak Mona Lumbanraja, membawa 4 abk (anak buah kapal) serta penumpang sebanyak 5 orang dari Desa Sampuran Kec. Muara Kab. Tapanuli Utara menuju ke pelabuhan Nainggolan Kec. Nainggolan Kab. Samosir Sumateta Utara.IMG-20180623-WA0002_crop_780x624IMG-20180623-WA0008_crop_764x710IMG-20180623-WA0011_crop_780x624

Foto : Ke empat korban selamat, dan kini dirawat intensif di Puskesmas Sirait Onanrunggu Samosir Sumatera Utara
Foto : Ke empat korban selamat, dan kini dirawat intensif di Puskesmas Sirait Onanrunggu Samosir Sumatera Utara

Sekira pukul 18.45 Wib, KM. Ramos Risma Marisi tiba dipelabuhan Nainggolan , dan 5 orang penumpang turun. Selanjutnya, 15 menit kemudian, sekira pukul 19.00 Wib, kapal tersebut meninggalkan pelabuhan Nainggolan, kembali menuju ke Muara Kab.Taput dengan nahkoda Jospendi Lumbanraja.

Tidak berapa lama, Nahkoda Jospendi Lumbanraja menyuruh Rahmat Dani untuk menahkodai kapal tersebut. Berlayar beberapa ratus meter, nahkoda Rahmat Dani menabrak bambu yang menancap didanau dan terlewati.

Tetapi dilokasi tersebut belum begitu dalam, Sehingga kipas baling kapal terjebak di pasir dan kapal tidak bisa bergerak. Selanjutnya Sahat Simorangkir, Jolom sipayung, Rahmat Dani, Joypan Situmorang turun menyelam ke air melihat kipas kapal tersebut.

Selesai menyelam beberapa saat, mereka ber empat kembali naik ke kapal, namun Joypan Situmorang dan Rahmat Dani turun kembali untuk mengikat tali samping kapal, ke bambu yang didanau.

Jolom sipayung dan Sahat simorangkir menarik tali yang sudah terikat ke kapal, dan tiba tiba tali tersebut putus, sehingga kapal tersebut terdorong ke air yang dalam akibat dorongan angin dan ombak.

Sementara Joypan Situmorang dan Rahmat Dani masih berada sekitar bambu tersebut di dalam air, sehingga mereka terpisah dengan kapal. Selanjutnya Joypan Situmorang dan Rahmat Dani terbawa arus dan ombak ke tengah danau.

Setelah itu mereka berdua berusaha berenang ke tepi danau sambil memegang tali yang terputus, namun Rahmat Dani tidak sanggup berenang dan sempat ditolong oleh Joypan Situmorang tetapi tidak tertolong. Kemudian Joypan Situmorang berusaha berenang sendiri ke pelabuhan Nainggolan tanpa pakaian.

Sesampainya dipelabuhan Nainggolan, Joypan Situmorang memberitahukan kejadian tersebut kepada masyarakat yang berada dilokasi.

Akibat cuaca exstrim tadi malam, pencarian terhadap korban hilang dihentikan, dan pagi ini sekira pukul 07.00 Wib, dilanjutkan pencarian yang dibantu oleh masyarakat setempat.

Berikut Identitas korban yang selamat, dan sedang dirawat di Puskesmas Sirait Kecamatn Onanrunggu :

1. JOSPENDI LUMBANRAJA, als : AMA MONA, Lk, 40 Thn, KRISTEN, Pulau sibandang Ds Sampuran Kec. Muara Kab. Taput.(Nahkoda Kapal)

2. JOLOM SIPAYUNG, Lk, 18 Thn, pelajar, Simpang Kawat Kab. Asahan.

3. SAHAT PARLINDUNGAN SIMORANGKIR, Lk 16 Thn, pelajar, SIMPANG KAWAT Kab. Asahan

4. JOYPAN SITUMORANG, Lk, 17 Thn, Pelajar PASARAN 1, Ds PASARAN 1 Kec. NAINGGOLAN Kab. Samosir.

Korban yang belum ditemukan,
1. RAHMAT DANI, Lk 28 Thn, Petani, Ds. SAMPURAN Kec. MUARA Kab. Taput

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.