by

Capai 70 Persen Pengurasan Saluran Jalan Balikpapan

Berita Jakarta, Berita Online Indonesia Di Online News Indonesia, www.olnewsindonesia.com

Pengurasan saluran air sepanjang 390 meter di Jalan Balikpapan, RW 06, Kelurahan Petojo Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, yang dikerjakan sejak 4 Juli lalu, saat ini progresnya sudah mencapai 70 persen. Ditargetkan, pekerjaan selesai akhir Juli ini.

Kasatpel Kecamatan Gambir, Muhammad Imawan mengatakan, normalisasi saluran yang memilik tinggi 1,2 meter dan lebar 80 sentimeter ini dilakukan karena endapan lumpurnya sudah mencapai 30 sentimeter. Akibatnya, data tampung saluran kurang optimal.

“Jika tidak segera dikuras, saluran bisa tersumbat dan menimbulkan genangan di sekitar lokasi,” kata Imawan, Jumat (22/7).

Imawan mengungkapkan, hingga saat ini panjang saluran yang sudah dikuras mencapai 270 meter dan lumpur yang berhasil diangkat sebanyak 15 meter kubik. Lumpur tersebut dibuang ke area PLTU di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

“Pengurasan dilakukan 26 satgas secara manual menggunakan cangkul, linggis, cangkrang, pengki dan karung,” jelasnya.

Selain menguras lumpur, ungkap Imawan, pihaknya juga membuat bak kontrol dengan ukuran 100×100 sentimeter. Bak kontrol ini disebar pada 10 titik dengan jarak lima meter setiap titik.

“Dengan pengerjaan ini diharapkan aliran air kembali berfungsi dan dapat menampung debit air saat hujan turun,” tuturnya

Lurah Petojo Selatan, Rahmat Hidayat, mengapresiasi Sudin SDA Gambir yang cepat merespon permohonan pihaknya.

“Yang mereka kerjakan cepat dan rapi, semoga setelah ini selesai, warga dapat menjaga saluran ini dan tidak membuang sampah sembarangan,” tandasnya.

210