by

Pemkab Samosir Teken Mou Dengan Perum Tirta I Malang

Berita Samosir.Olnewsindonesia,Sabtu(22/09)

Upaya untuk meningkatkan debit air dalam kandungan tanah, pemerintah kabupaten Samosir Sumatera Utara, menjalin kerjasama dengan perusahaan umum (Perum) Jasa Tirta 1, yang berpusat di kota Malang, Jawa Timur.

Hal ini disampaikan Bupati Samosir, Drs.Rapidin Simbolon MM kepada OLNewsindonesia.com melalui pesan seluler WhatsApp, Sabtu(22/9).

“Jumat (21-09-18) Perum Jasa Tirta 1 yang berkantor pusat di Malang Jawa Timur, telah menjalin kerjasama (MoU) dengan Pemkab Samosir dalam upaya penghijauan di kawasan Samosir, demi meningkatkan debit air,”ungkap Rapidin Simbolon.

Lanjut Rapidin, dengan sistem tanam tumbuh produksi untuk jenis pohon aneka buah, konservasi dan edukasi ke masyarakat, maka kelak akan berdampak pada kesuburan tanah dan mampu menyimpan serta menambah debit air, terang nya.

Ditambahkannya, bahwa kegiatan ini sepenuhnya didanai Perum Jasa Tirta 1 dengan Tahap I seluas 500 ha, dan diharapkan selain menghijaukan kawasan, juga akan mengembalikan “mual” atau “mata air” di bumi Samosir, yang berdampak pada kesuburan tanah, meningkatnya debit air Danau Toba dan bermuara pada kesejahteraan masyarakat Samosir, ucap Rapidin.

Semoga langkah kerjasama ini mampu menggugah pihak pihak yang memanfaatkan air Danau Toba sebagai sumber usahanya, dan serius mau melakukan penghijauan dengan benar serta memperhatikan keberlangsungan ekosistem Danau Toba, harap Rapidin.

“Mari kita terus tanam pohon untuk generasi selanjutnya,”ajak Rapidin optimis.

(JuntakStar)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.